Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Kebiasaan yang Menghambat Pekerjaan dan Cara Mengatasinya

Diperbarui: 9 September 2024   00:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pexels.com

Orang harus bekerja untuk mendapatkan gaji atau upah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dalam bekerja tersebut tentu kita semua berharap bisa bekerja dengan baik sehingga bisa mendapatkan balas jasa yang memadai.

Namun sering ada beberapa kebiasaan yang kelihatannya sepele tetapi bisa menghambat kita dalam bekerja sehingga hasil pekerjaan kita tidak maksimal yang pada akhirnya juga upah atau gaji yang kita terima tidak mencukupi pula. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa menghambat kita bekerja dengan baik serta solusi untuk mengatasinya.

Pertama, terlalu perfeksionis. Seseorang yang terlalu perfeksionis atau ingin hail pekerjannya sempurna justru membuat ia tak bisa mengerjakan pkerjaannya dengan cepat karena selalu takur apa yang dia kerjakan dengan cepat hasilnya tidak baik. Untuk mengatasi hal ini cobalah kita untuk beroegang pada prinsip tak ada manusia yang sempurna yang bisa mengerjakan pekerjaan 100 persen sempurna. Kerjakan segala sesuatu dengan wajar dan bila ada kekurangan, maklumlah terhadap hal itu karena ke deoannya bisa diperbaiki.

Kedua, selalu membandingkan diri dengan orang lain. Selalu membandingkan diri dengan orang lain juga tidak baik karena akan menimbulkan rasa tidak percaya diri, cemas, ataupun bisa pula iri. Hal-hal tersebut akan menganggu dalam menjalankan pekerjaan. Jangan terlalu membandingkan diri dengan orang lain. Tiap orang punya kelebihan sekaligus kekurangannya sendiri.

Ketiga, mengabaikan perasaan negatif. Seringkali ada nasehat umum yang mengatakan bahwa kita harus selalu berpikir positif dan mengabaikan perasaan-perasaan negatif. Tapi memendam perasaan negatif ke alam bawah sadar justu menurut para psikolog justru akan berdampak negatif karena suatu saat akan muncul di alam sadar dalam bntuk penyakit atau gangguan mental yang justu bisa menganggu pekerjaan. Cara yang baik adalah menghadapi perasaan negatif tersebut secara benar misal dengan berbagi atau bercerita dengan teman atau kalau perlu ke psikolog.

Keempat, kebiasaan menunda pekerjaan. Kebiasaan buruk lain yang menganggu pekerjaan adalah suka menunda pekerjaan. Banayak orang sukaa menunda pekerjaan sehingga tanpa sadar pekerjaan menumpuk dan tak terselesaikan dengan baik. Untuk mengatasi hal ini maka selesaikan pekerjaan sesuai dengan prioritas atau urutannya dan jangan menunda-nuda pekerjaan.

Kelima, terlalu banyak bermain media sosial ketika sedang bekerja. Banyak orang senang bermain media sosial ketika sedang bekerja sehingga tanpa sadar banyak waktu terbuang adn pekerjaan utama kita tidak selesai. Untuk itu biasakanlah untuk menggunakan media sosial ketika waktu istirahat atau ketika sedang di rumah ketika tidak sedang bekerja.

Demikian kebiasaan yang bisa menghambat pekerjaan dan solusinya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline