Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Kroatia Juara Ketiga di Bawah Kepemimpinan Wasit Kontroversial dari Qatar

Diperbarui: 18 Desember 2022   00:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: detik.com

Akhirnya Kroatia berhasil meraih juara ketiga di Piala Dunia 2022. Kroatia menjadi juara ketiga setelah mengalahkan Maroko 2-1.

Pada menit ke -7 Kroatia unggul terlebih dahulu  lewat tendangan Josko Gvardiol. Namun pada menit ke-9 Maroko berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat sundulan kepala sambil menjatuhkan diri dari Achraf Dari .

Kroatia unggul kembali dengan 2-1 menjelang babak pertama berakir lewat tendangan di sudut tiang gawang Maroko oleh MIslav Orsic.

Pada babak kedua, kedua kesebelasan saling menyerang tapi tak ada gol tambahan sehingga dengan demikian Kroatia menjadi juara ketiga dalam piala Dunia 2022.

Laga tersebut sempat diwarnai oleh berbagai protes dari pemain baik dari Kroatia maupun dari Maroko. Protes dilakukan kedua kesebelasan karena ada dua tendangan penalti yang mestinya dihadiahkan pada kedua kesebelasan tetapi ternyata wasit tidak melakukan itu dan tidak pula menggunakan fasilitas VAR untuk menanggapi protes kedua kesebelasan.

Sebagaimana diketahui wasit yang memimpin pertandingan adalah Abdulrahman Al Jasim yang berasal dari tuan rumah Qatar. Sejak awal penunjukkannya memang telah melahirkan protes dari kedua kesebelasan yaitu baik dari Kroatia maupun Maroko. Alasannya Abdulrahman baru sekali memimpin laga di Piala Dunia 2022 yaitu ketika dalam fase grup ketika AS bermain imbang melawan Wales 1-1. Pada saat memimpin laga AS-Wales tersebut Abdulrahman menghadiahi enam kartu kuning kepada kedua tim dan juga menghadiahkan tendangan penalti bagi Wales yang dieksekusi dengan baik oleh Gareth Bale sehingga kedudukan menjadi imbang 1-1 antara AS-Wales.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline