Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Keuntungan Investasi Logam Mulia Saat Resesi Ekonomi 2023

Diperbarui: 29 Oktober 2022   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pixabay.com

Penulis sering ditanya: kalau nanti 2023 benar-benar resesi ekonomi terjadi di Indonesia (kalau penulis sih yakin tidak parah kondisi ekonomi Indonesia) maka investasi apa yang paling aman?

Penulis menjawab investasi di logam muia alias emas. Ada beberapa alasan mengapa logam mulia tetap merupakan investasi yang menguntungkan.

Pertama, telah terbukti harga emas cenderung stabil apappun kondisi ekonomi yang terjadi. Maka kalau nanti resesi ekonomi terjadi di Indonesia tahun 2023 akan aman kalau kita memnyimpan kekayaan dalam bentuk emas.

Kedua, investasi dalam emas sangat mudah dicairkan atau likuid. Berbeda dengan investasi di asset ttap seperti bangunan dan tanah maka investasi dalam emas sangat mudah dicairkan jika sewaktu-waktu kita membutuhkan uang tunai

Ketiga, bisa mulai investasi dengan nominal kecil. Sekarang ini banyak lembaga penyedia investasi emas yang menerima investasi dengan nominal kecil pada awalnya. Bahkan ada yang menerima simpanan awal untuk investasi emas Rp 5.000,-

Keempat, praktis dan aman. Artinya kita tak perlu menyimpan sendiri emas itu secara fisik di rumah atau di safe deposit box melainkan lembaga penyedia jasa investasi emas yang menyimpannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline