Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Ketrampilan yang Dibutuhkan Pemberi Kerja

Diperbarui: 30 September 2022   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pexels.com

Untuk dapat diterima kerja maka calon pekerja harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pemberi kerja. Memang kebutuhan itu unik untuk setiap lapangan pekerjaan. Tetapi secara umum ada beberapa ketrampilan kerja yang dibutuhkan oleh si pemberi keerja apapun jenis pekerjannya.

Pertama, pemahaman yang lengkap atau komprehensif tentang suatu bidang pekerjaan yang akan dimasuki. Pengetahuan ini bisa diperoleh dari berbagai pelatihan atau kursus. Atau bisa pula dicari di internet.

Kedua, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Yang dimaksud orang lain adalah bisa teman kerja, pimpinan, ataukah konsumen. Komunikasi yang baik yang dimaksud adalah  kemampuan menyampaikan pendapat atau gagasan secara baik, sikap mau mendengarkan pendapat orang lain, ramah serta sopan. Sekarang in kemampuan komunikasi yang baik bisa didapatkan dari berbagai kursus kepribadian. Bisa pula didapatkan dengan cara berlatih sendiri dengan berpedoman pada berbagai bahan yang bisa didownload di internet.

Ketiga, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan untuk memcahkan masalah. Dalam berbagai wawancara ketika melamar pekerjaan banyak yang memakai cara memberikan suatu kasus kepada pelamar yang kemudian diminta untuk memecahkannya. Pelamar yang menunjukkan kemampuan untuk memecahkan masalahlah yang akan diterima. Kemampuan ini bias dilatih dengan banyak membaca dan melakukan simulasi sendiri untuk memecahkan suatu masalah dengan membuat kasus-kasus sederhana.

Keempat, pengetahuan dan ketrampilan yang terkait dengan teknologi digital. Sekarang ini dunia digital sudah berkembang dengan pesat maka selayaknya pengetahuan tentang internet dan dunia digital ini dikuasai oleh si pencari kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline