Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Tips Memilih Pakaian untuk Wawancara Kerja

Diperbarui: 25 September 2022   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: finance.detik.com

Saat wawancara kerja banyak hal yang akan dinilai oleh pewawancara. Salah satu hal yang sering luput dipehatikan oleh calon karywan ketika wawancara adalah pakaian yang dikenakan saat wawancara.

Ada beberapa tips untuk memilih pakaian saat wawancara kerja supaya menunjang penampilan kita sehingga menambah poin plus kita.

Pertama, untuk bawahan pilihlah yang memberi kesan formal. Jangan menggunakan celana panjang untuk pria dan wanita maupun rok bawahan untuk wanita yang berbahan denim atau jeans. Celana panjang berbahan jeans memeberi kesan santai, tidak formal dan tidak serius.

Kedua, pilihlah warna pakaian yang netral atau tidak bercorak ataupun kalau bermotif atau bercorak gunakan yang sederhana motif atau coraknya.. Yang penting jangan menggunakan pakaian dengan motif atau corak yang memberi kesan norak atau meriah karena akan memberi kesan tidak dewasa su calon karyawan.

Ketiga, untuk sepatu pilihlah untuk wanita yang emnutup ujung jari kaki. Sepatu yang terbuka di ujung jari kaki juga akan menimbulkan kesan santai dan tidak serius, Untuk pria juga gunakan sepatu kulit dan menutup seluruh bagian kaki serta jangan menggunakan sepayu santai seperti sepatu olahraga dan sejenisnya

Keempat,  gunakan jas baik untuk wanita maupun pria. Gunakan jas dengan warna netral seperti hitam, abu-abu ataupun biru gelap. Menggunakan jas akan memberi kesan kita profesional dan dewasa.

Kelima, perhatikan gaya rambut. Datanglah lebih awal supaya bisa menyisir rambut terlebih dahulu sehingga kelihatan rapi. Untuk pria bisa menggunakan gel atau pomade agar rambut tampak rapi.

Keenam, jangan menggunakan parfum yang baunya menyengat karena akan terkesan norak dan murahan. Gunakan parfum yang lembut baunya dan tidak menyengat atau mencolok.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline