Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Bergosip

Diperbarui: 12 Juni 2022   05:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar:pixabay.com

Ada berbagai hal yang menjengkelkan yang dihadapi di dunia kerja. Salah satunya adalah menghadapi rekan kerja yang suka bergosip. Untuk mengatasi hal ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Pertama, yang paling mudah adalah menjaga jarak dengan teman tersebut. Jika dibutuhkan interaksi dengan dia maka usahakanlah hanya terkait dengan pekerjaan saja dan jangan ditanggapi jika dia ingin bergosip dengan anda.

Kedua, jika dia mengajak bergosip maka abaikan ucapannya. Jangan ditanggapi. Anggaplah itu hanya omong kosong belaka yang tidak ada gunanya untuk didengarkan apalagi dimasukkan ke dalam hati atau pikiran.

Ketiga, tegurlah secara langsung. Jika memang kegemaran bergosip dari teman kerja sudah cukup mengganggu maka beranikanlah diri dengan menegurnya secara langsung. Tentu dengan kata-kata yang sopan dan di bawah empat mata supaya dia juga jangan dipemalukan di depan orang banyak.

Keempat, jika tidak mempan ditegur secara langsung maka laporkan ke atasan. Jika atasan yang mengurnya mungkin akan lebih dia perhatikan dan dia akan mengubah kebiasaan buruknya untuk bergosip ria.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline