Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Tips Mencari Pekerjaan bagi Lulusan baru

Diperbarui: 4 Juni 2022   00:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pixabay.com

Setelah menamatkan pendidikan khususnya pendidikan sarjana maka mendapatkan pekerjaan adalah sesuatu yang diidam-idamkan. Namun seringkali hal itu menjadi sesuatu yang sulit karena tidak tahu tipsnya. 

Berikut tips mencari pekerjaan untuk mereka yang baru saja lulus sarjana (fresh graduate)

Pertama, kenali potensi diri. Idealnya mengenali potensi diri adalah lewat tes bakat di biro konsultasi psikologi. Dari tes tersebut maka akan diketahui bakat dan minat serta pekerjaan yang sesuai untuk seseorang. Jika tidak lewat biro konsultasi psikologi maka dengan pengalaman hidup serta selama menempuh pendidikan sarjana 4 sampai 5 tahun akan diketahui oleh diri sendiri potensi apa yang dimiliki misalnya lewat mata-mata kuliah yang nilainya bagus.

Kedua, memanfaatkan kenalan ataurelasi. Melamar pekerjaan lewat kenalan atau relasi biasanya akan lebih diperhatikan. Tentu ini tidak berarti bahwa kita pasti akan diterima tetapi setidaknya ada perhatian khusus dari si pemberi pekerjaan jika kita melamar pekerjaan lewat kenalan atau relasi.

Ketiga, membuat Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) yang baik. Seringkali CV yang ditulis dengan baik akan lebih diperhatikan daripada CV yang ditulis secara sembarangan. Seringkali juga cara penulisan CV dikaitkan juga dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan. Misalnya pekerjaan di bidang industri kreatif tentu cara penulisan CV yang baik dan kreatif akan lebih diperhatikan.

Keempat, harus rajin dan tak kenal putus asa untuk terus mencari lowongan pekerjaan baik lewat pameran, media massa, maupun media online.

Kelima, memilih pekerjaan memang boleh tetapi jangan terlalu pemilih. jika yang didapatkan adalah pekerjaan yang kurang eesuai dengan pendidikan atau minat maka lebih baik dijalani dahulu sambil mencari pekerjaan yang eesuai. Pengalaman di pekerjaan trdahulu biasanya juga dipertimbangkan untuk seseorang diterima di suatu pekerjaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline