Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Tips Sederhana Bengkel Sepeda Motor yang Memuaskan Pelanggannya

Diperbarui: 4 Maret 2022   01:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pixabay.com

Saat ini bengkel  sepeda motor banyak bertebaran bahkan sampai di kampung-kampung. Persaingan menjadi sangat ketat. Tentu dibutuhkan kiat-kiat agar bisa menghadapi persaingan tersebut. Berikut ada contoh-contoh sederhana bagaimana bengkel  sepeda motor bisa mememangkan persaingan dengan hal-hal yang sederhana. Ini saya peroleh dari pengamatan dari beberapa bengkel sepeda motor di berbagai lokasi yang menawarkan hal-hal sederhana tetapi berhasil menarik pelanggannya.

Pertama, ada bengkel yang melayani servis rutin dan perbaikan tetapi ditambah dengan layanan cuci secara gratis. Ini hal jitu yang dilakukan karena sering pemilik sepeda motor tidak sempat untuk mencuci sepeda motornya. Dengan sedikit tambahan peralatan dan tenaga untuk mencuci maka pelanggan sangat puas dan tertarik untuk menservis motornya di situ. Bahkan mungkin jika untuk cuci yang benar-benar profesional dilakukan ditarik tambahan biaya, saya kira pelanggan juga tidak akan keberatan.

Kedua, ada bengkel yang bersedia mengambil sepeda motor yang rusak atau servis rutin. Tentu ini juga sangat membantu karena sering kalau sepeda motor mogok di rumah atau ingin servis rutin tetapi pemiliknya malas menghantarnya maka dengan dijemput pelanggan akan lebih senang.

Ketiga, ada bengkel yang menawarkan untuk memakai sepeda motor pinjaman miliknya selama sepeda motor seseorang diservis. Tentu ini butuh sedikit tambahan biaya untuk menyediakan beberapa sepeda motor yang dipinjamkan kepada pelanggan yang terpaksa sepeda motornya harus lama di bengkel padahal ia sangat membutuhkan sepeda motor itu.

Keempat, ada beberapa bengkel yang mengingatkan lewat WA dan SMS untuk tanggal servis rutin bagi pelanggan yang pernah melakuan servis di bengkelnya. Ini tentu juga sangat membantu pemilik sepeda motor untuk mengingat tanggal servis rutin sepeda motornya hingga tidak terlambat melakukannya.

Demikianlah sekedar contoh hal-hal sederhana yang dilakukan pemilik bengkel sepeda motor yang mungkin bisa dicontoh bengkel-bengkel yang belum melakukannya. Ingat tak harus melakukan hal-hal yang luar biasa untuk menarik pelanggan dalam sebuah bisnis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline