Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Masih Ada Orang Baik

Diperbarui: 9 Desember 2021   23:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: futuready.com

Ini pengalaman ptibadi. Baru saja terjadi

Mobil saya mengalami korsleting hingga klakson terus berbunyi. Bingung setengah khawatir akan terbakar nanti ,mobil saya matikan dan berhenti. Tapi klakson terus berbunyi.

Tiba-tiba ada bapak yang berhenti. Ia memberi pertolongan dengan mencopot sementara aki. Lalu dilepasnya aliran yang terhubung audio hingga mati. Setelahnya aki dipasang kembali dan mobil sementara bisa dijalankan untuk kemudian saya bawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Setelah bapak itu selesai menolong, saya beri sekedar uang sebagai rasa terima kasih, ikhlas dari hati. Tapi sang bapak menolak untuk diberi. Lalu dengan tersenyum ia pergi. Saya heran setengah mati. Padahal bapak itu juga sederhana dari segi penampilan diri.

lalu saya menyalahkan diri sendiri. Rupa-rupanya sudah terpatri dalam diri bahwa setiap pertolongan harus diberi imbalan materi. Saya sudah terjangkit penyakit sosial modern bahwa setiap peristiwa di dunia ini adalah sebuah transaksi eonomi.

Rupa-rupanya lewat pengalaman tadi, anggapan saya salah sama sekali. Masih ada orang-orang baik yang menolong orang lain tanpa minta imbalan materi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline