Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Legenda dan Kekayaan Semeru

Diperbarui: 4 Desember 2021   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pixabay.com

Semeru kini sedang berderu campur debu. Membawa kabut gelap dan lahar panas yang membuat ngilu.

Konon Gunung Semeru adalah pindahan dari Gunung di India bernama Mahameru. Pulau Jawa terombang-ambing di lautan di Abad 15 waktu itu. Lalu Batara Guru memerintahkan para dewa memindahkan Gunung Mahameru ke pulau Jawa supaya tak terombang-ambing selalu. Jadi Mahameru dipindahkan dari India ke Pulau Jawa sebagai paku.

Entah salah atau betul legenda itu. Tetapi lalu Semeru menjadi anugerah bagi Indonesia dan Pulau Jawa Selalu. Tanah sekitarnya menjadi tanah yang subur dan hijau. Juga ada berbagai kekayaan alam yang membanggakan selalu.

Di lokasinya ada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ada beerbagai pohon dan tanaman langka di antaranya: berbagai jenis pohon berusia ratusan tahun, berbagai jenis anggrek, rumput langka, edelweiss, jamuju, dan cemara gunung ada di situ.

Pun pula ada berbagai satwa liar seperti: luwak, rusa, kera ekor panjang, kijang, ayam hutan merah, macan tutul, ajag, alap-alap burung, elang ular bido, burung rangkong, burung srigunting hitam, elang bondol, dan belibis yang hidup di danau-danau di situ.

Kini semeru sementara sedang mengharubiru. Tetapi semoga tak sampai lama semuanya akan berlalu. Dan Semeru kembali jadi anugerah bagi bangsa, tanah, air, dan masyarakatku.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline