Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Pidato Jokowi di KAA Ternyata Buatan Andi Wijayanto, Dkk

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ada berita "aneh" dan sekaligus mengejutkan-  menurut saya - soal pidato Presiden Jokowi di Konferensi Asia Afrika (KAA). Setelah pidato tersebut mendapat banyak pujian, muncul pengakuan dari para stafnya bahwa pidato tersebut dibuat oleh mereka. Yang mengaku bahwa pidato Presiden Jokowi tersebut adalah buatan para staf adalah Andi Wijayanto. Menurut Andi pidato Jokowi dibuat oleh tim yang terdiri antara lain oleh dia sendiri, Luhut B Panjaitan, Rizal Sukma dan lain-lain.

Menurut saya, pengakuan itu tidak lazim. Meskipun itu praktek yang umum di mana bos kalau berpidato atau memeberi sambutan seringkali dibuatkan oleh staf, tetapi sangat tabu kalau staf mengaku bahwa pidato itu adalah buatannya.  Pengakuan biasanya dilakukan setelah sang Presiden tidak lagi menjabat atau sang staf yang sudah pensiun. Biasanya hal itu ditulis di buku memoar atau biografi sebagai kisah menarik di balik layar. Tetapi ini tidak demikian. Pengakuan dilakukan segera setelah pidato selesai diucapkan.

Menurut saya tak jelas benar apa motivasi Andi Wijayanto mengatakan hal itu pada pers. Mungkin motif utamanya mereka ingin numpang terkenal. Mereka seakan tidak rela jika konsep pidato yang hebat dan menuai banyak pujian itu diaku sebagai karya Bos mereka yaitu Jokowi. Kalau ini yang terjadi, sekali lagi merupakan hal yang aneh. Di samping aneh, hal itu seolah membongkar aib lingkungan internal kepresidenan.

Menurut saya Presiden Jokowi harus secara keras menegur Andi Wijayanto atas sikapnya yang demikian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline