Lihat ke Halaman Asli

E. Nugroho

Dokter, ilmuwan, seniman, pengamat bahasa

Apa Itu Obat Generik?

Diperbarui: 23 Maret 2016   02:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption ][/caption]

Sumber:Foto pertama; Foto kedua; Foto ketiga.

**********

Coba perhatikan gambar di atas. Di kiri, gula pasir yg dijual di pasar. Itu dapat disebut gula pasir generik. Di sampingnya ada gula pasir yang diberi nama dagang: Gulaku, Gulare, dll. Ini adalah gula yang bermerek. Mungkin sekali dipatenkan merek dagangnya. Orang lain tidak boleh menjual gula seenaknya dengan memakai merek "Gulaku". Apa merek dagang gula pasir asli yang diproduksi pertama kali di dunia? Entahlah. Tidak banyak orang peduli. Itu penemuan ratusan tahun lalu. Tak ada lagi perusahaan yang mengklaim gula pasir itu hasil penemuannya dan melarang orang jual gula pasir. Masa hak patennya telah lewat (kalaupun ada).

Adakah perbedaan di antara berbagai gula itu? Tentu ada... Yang satu lebih kuning, yang lain lebih putih. Yang satu lebih besar butirannya, yang lain lebih kecil. Tapi bagaimana kalau dimasak? Kalau dipakai untuk bikin kopi? Semua sama saja. Sifat manisnya sama. Kegunaannya sama. Merek bisa beda. Harga berbeda. Itulah inti dari permasalahan "generik".

Obat generik itu sama dengan gula pasir yang dijual di pasar tadi. Jadi disebut, obat generik adalah obat yang sebanding dengan obat bermerek yang ditemukan pertama kali, yang dipatenkan terlebih dahulu. Kualitas dan khasiatnya harus kurang lebih sebanding dengan produk obat aslinya.

Aspirin sebagai Contoh

Misalkan saja obat yang disebut "asam asetil salisilat". Obat ini dibikin pertama kali di laboratorium Bayer, Jerman, tahun 1897. Dia lalu dipatenkan, dan dijual dengan merek Aspirin; obat penurun panas yang belakangan diketahui punya banyak khasiat lain. Hak patennya telah lama habis. Maka perusahaan2 di dunia berlomba2 memproduksi obat ini dan dijual dengan berbagai merek: Aspirin, Cardio Aspirin, Aspilet, Ascardia, Astika, Bodrexin, Farmasal, dan ratusan nama lain di dunia. Isinya? Semua sama: asam asetil salisilat. Khasiatnya? Semua sama.

Adakah perbedaan antara obat generik dengan obat bermerek (yang sering disebut "obat paten")? Tentu ada. Tapi, seperti halnya gula di atas, khasiatnya kurang lebih sebanding. Khasiat inilah yang harus dikawal oleh pemerintah. Di Indonesia, ini diawasi oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan Indonesia (BPOM).

Tapi ada orang yang mengatakan obat generik kalah khasiatnya dibanding "obat paten"? Baiklah. Mari kita bahas

Khasiat Obat

Dalam pembuatan obat, orang harus mengacu pada buku pedoman. Di Indonesia ini ditulis dalam buku Farmakope Indonesia. Perusahaan farmasi yang membuat obat harus mengikuti secara tepat apa yang ditulis di farmakope tadi. Lihat contoh gambar di bawah. Itu diambil dari buku Farmakope Indonesia tentang standar obat antibiotik amoksisilin.

[caption caption=" Sumber: Farmakope Indonesia Edisi 5."]

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline