Lihat ke Halaman Asli

Nugrh Adi GG

Analis Penelitian dan Pengembangan Bappeda Temanggung

Bupati Temanggung H. Muhammad Al Khadziq Menerima Penghargaan Innovation Government Award (IGA) 2022

Diperbarui: 24 Desember 2022   12:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pada hari Jumat 23 Desember 2022,  Bupati Temanggung H. Muhammad Al Khadziq menerima Penghargaan Innovation Goverment Award (IGA) 2022 sebagai Kabupaten Terinovatif yang diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri. Penghargaan paling bergengsi yang diraih oleh Kabupaten Temanggung sehingga mampu menggungguli lebih dari 500 Kabupaten semua provinsi, melalui 5 tahapan proses penilaian, yaitu;

  1. Tahap Penjaringan, dimana Pemerintah Kabupaten Temanggung melaporkan sejumlah 162 Inovasi secara online yang dilaksanakan pada 9 Juli s/d 17 September 2022,
  2. Tahap Pengukuran, Inovasi yang telah dilaporkan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung divalidasi dan dianalisis terhadap kesesuaian paramater dengan dokumen mandiri yang dilaksanakan oleh tim akademisi.
  3. Tahap Presentasi, Bupati Temanggung mempresentasikan 2 Inovasi Unggulan yang terdiri dari inovasi digital dan inovasi non digital, inovasi digital yang menjadi unggulan adalah e-PBHTB terintegrasi yang mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sedangkan Inovasi Non Digital yang menjdai unggulan adalah SHIBIRU pewarna alam dari daun Strobilanthes Cusia yang mempu mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat. Presentasi dilaksanakan langsung oleh bupati Temanggung pada Hari Rabu, 23 November 2022 di Kemendagri.
  4. Tahap Validasi lapangan, Inovasi Unggulan yang telah dipresentasikan Bupati Temanggung dilaksanakan validasi lapangan kunjungan langsung oleh Tim juri bersama Tim Fasilitator Kemendagri, dalam kunjungannya diterima oleh Bupati, Ketua DPRD, Sekda, para Asisten Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Ibu Ketua TP PKK dan Anggota, Para Inventor Inovasi, Media, FTJSLP, Akademisi, Ormas dan Stakeholder terkait.
  5. Tahap Sidang Penilaian dalam penentuan Pemerintah Daerah Terinovatif yang dilaksankan pada taggal 19 Desember 2022.

Selain Temanggung, penghargaan juga diberikan kepada Kabupaten Banyuwangi, Bogor, Wonogiri, Tabalong, Sragen, Sidubondo, Padang Pariaman, Indragiri Hilir, Hulu Sungai selatan, Pamekasan dan Tanggamus.

Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaaikan Inovasi adalah jantung untuk membuat perubahan tidak ada komunitas, negara dan masyarakat yang bisa melompat tanpa melakukan inovasi, untuk membuat terobosan-terobosan yang kreatif dalam menghadapi pengaruh globalisasi. Dengan lahirnya otonomi daerah diharapkan setiap daerah untuk berinovasi, karena inovasi menjadi tuntutan masyarakat agar daerahnya cepat melompat dengan langkah-langkah cepat untuk membuat terobosan yang kadang-kadang out of the box untuk menjadi semakin maju.

Dalam wawancaranya Bupati Temanggung H. Muhammad Al Khadziq menyampaikan bahwa Sebelum ini Pemkab Temanggung juga telah dinobatkan sebagai kabupaten dengan ekosistem inovasi terbaik di Jawa Tengah tahun 2022. Di tahun 2019 dan 2020 Kabupaten Temanggung bahkan memenangkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) sebagai kabupaten dengan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan terbaik se-Indonesia, dan di tahun 2020 Kabupaten Temanggung juga mendapaatkan penghargaan Innovation Goverment Award (IGA) 2020.

Kabupaten Temanggung mendapat penghargaan Innovation Goverment Award (IGA) 2022 memberikan dampak yang luar biasa terhadap menurunkan tingkat kemiskinan, menurunkan kesenjangan ekonomi, meningkatkan indeks kepuasan masyarakat, meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, meningkatkan taraf pendidikan, dan meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) Temanggung dari yang sebelumnya kategori sedang sekarang sudah masuk kategori tinggi serta meningkatkan indeks inovasi daerah.

Indeks kepuasan masyarakat tahun 2021 adalah 82,06 dan tahun 2022 naik menjadi 83.41. Indikator kinerja pemerintah daerah pada periode 2014-2018 adalah 92.48 dan pada 2019-2022 naik menjadi 95.44. Indeks Inovasi Daerah tahun 2021 adalah 45.76 (inovatif) dan pada tahun 2022 melonjak tinggi menjadi 98,33 (terinovatif di Indonesia).

Dok. pribadi

ASN Bappeda




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline