Lihat ke Halaman Asli

Prabowo Tidak Mengerti Ekonomi?

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pada debat kandidat yang diselenggarakan kemarin pada tanggal 15 Juni yang membahas mengenai permasalahan perekonomian, seringkali dikatakan oleh beberapa pihak bahwa Prabowo sebagai kandidat nomor 1 telah melakukan beberapa kesalahan atau blunder.

Kekeliruan yang pertama adalah mengenai kebocoran anggaran negara yang mencapai Rp 7200 T. Hal tersebut langsung disanggah oleh Chairul Tandjung, selaku Menteri Koordinator Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa yang mengundurkan diri untuk menjadi cawapres dari Prabowo, yang mengatakan bahwa APBN 2014 saja hanya sebesar Rp 1500 T, oleh sebab itu bagaimana bisa kebocoran dana mencapai Rp 7200 T.

Kekeliruan yang kedua adalah menyatukan Ekonomi Kerakyatan dan MP3EI. Hal ini dikemukakan oleh Pakar Ekonomi Institut Pertanian Bogor, Suryo Adibowo, yang mengatakan tidak mungkin menyatukan kedua konsep tersebut dikarenakan bertolak belakang. Menurutnya MP#I lebih banyak menitikberatkan pada modal dan investasi sehingga ekonomi kecil menjadi tertindas dan menimbulkan kesenjangan ekonomi yang semakin besar antara si kaya dan si miskin, sedangkan ekonomi kerakyatan lebih berpihak kepada rakyat kecil, terutama buruh dan petani.

Kekeliuran Prabowo yang ketiga adalah mengenai penyebab inflasi yang terjadi di Indonesia. menurut Suryo, Prabowo terus menerus menekankan apabila inflasi terjadi dikarenakan adanya kebocoran anggaran dan korupsi yang hebat, sedangkan sebenarnya inflasi sendiri terjadi dikarenakan beberapa hal seperti pengendalian harga, arus barang dan distribusi yang tidak seimbang.

Sungguh sangat disayangkan, karena Prabowo yang menjadi seorang pengusaha setelah lepas dari Kopassus tidak terlalu mengerti ekonomi. Seorang pengusaha seharusnya mengerti setidaknya mengenai inflasi, dikarenakan hal tersebut berhubungan dengan mata uang, hal yang selalu berkaitan dengan para pengusaha. Ditambah lagi dengan dua organisasi non-pemerintahan yang dipimpinnya yaitu HKTI dan APPSI yang jelas-jelas berhubungan dengan perekonomian dan harusnya peka dengan hal yang bernama inflasi tersebut.

Prabowo beberapa kali mengatakan akan memperbaiki ekonomi Indonesia, apabila seperti ini apa benar Prabowo dapat membenahi permasalahan ekonomi yang ada di Indonesia?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline