Lihat ke Halaman Asli

Memanfaatkan Potensi Ekonomi Digital untuk Meningkatkan Perekonomian Daerah

Diperbarui: 12 Maret 2019   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi e-commerce (Foto: Plan9)

Kemajuan teknologi semakin hari semakin canggih. Adanya internet memudahkan masyarakat dalam mengakses segala hal. Indonesia merupakan Negara yang mengalami pertumbuhan internet yang sangat pesat.

Hal ini membuat seluruh lapisan masyarakat siap atau tidak siap harus menghadapi kemajuan teknologi tersebut. Kemajuan teknologi memudahkan masyarakat untuk melakukan aktifitasnya seperti berbelanja secara online melalui smartphone/gadget. Hal itu menuntut masyarakat untuk selalu kreatif dan inovatif guna meningkatkan perekonomian.

Ekonomi digital adalah kegiatan jual-beli atau transaksi yang di lakukan melalui dunia internet (Online). Tanpa tatap muka langsung antara penjual dan pembeli, barang yang dipesan akan sampai ke alamat pembeli. Itulah yang merupakan salah satu contoh manfaat dari ekonomi digital.

Ekonomi digital tidak hanya mengenai berbelanja barang secara online, tetapi lebih luasnya lagi ekonomi digital mencakup seluruh aspek kehidupan seperti edukasi, transportasi, komunikasi, manufaktur, pertanian, perkebunan, Banyaknya cakupan ekonomi digital tersebut memberikan manfaat yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan akses layanan yang diinginkan. Sayangnya, banyak masyarakat yang belum tahu sepenuhnya tentang ekonomi digital.

Maka, dituntut peran dari pemerintah untuk mengadakan pelatihan/ edukasi mengenai ekonomi digital dan memfasilitasi para pengusaha kreatif untuk meningkatkan usaha/bisnisnya melalui dunia internet sehingga menambah pendapatannya seperti cara bertransaksi. Pelatihan tersebut bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menghadapi tantangan dan bersaing di era ekonomi digital ini.

Provinsi Riau yang dikenal sebagai daerah yang memiliki potensi Sumber Daya Alam yang sangat besar merupakan hal yang sangat menjanjikan untuk kemajuan perekonomian dan pembangunan daerah.

Misalnya sektor pertanian. Pada sektor pertanian diambil contoh yaitu Kampar yang merupakan salah satu daerah penghasil nenas dan nangka terbesar di Riau. Hasil dari nenas dan nangka tersebut di jadikan sebagai makanan dikemas dengan kemasan yang sangat bagus, menarik, serta bersifat kekinian dan dipasarkan di pasarkan melalui internet.

Hal itulah yang akan meningkatkan perekonomian daerah. Ikan Selais merupakan simbol dari Provinsi Riau. Ikan tersebut memiliki banyak potensi untuk meningkatkan perekonomian daerah Riau misalnya dalam pemasaran ikan Selais yang mampu bersaing dan memiliki daya jual yang tinggi secara online. Pengelolaan kegiatan ekonomi dengan cara tersebut merupakan cara yang sangat kreatif yang tidak hanya akan berdampak besar pada pendapatan, penciptaan lapangan kerja serta nilai ekspor melainkan mampu meningkatkan pembangunan daerah.

 Itulah contoh beberapa potensi yang besar yang dapatkan di jalankan melalui ekonomi digital yang kreatif di Riau dan tidak bisa disia-siakan. Inovasi tersebut harus terus dikembangkan secara berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Riau dengan adanya peningkatan perekonomian masyarakat. Kontribusi seluruh pihak menjadi hal yang sangat penting terhadap kesejahteraan dan pembangunan yang berkelanjutan yang lebih baik melalui ekonomi digital.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline