Lihat ke Halaman Asli

Cara Pembuatan Telur Asin | P5 SD Islam Nurus Sunnah

Diperbarui: 27 Maret 2024   01:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi kegiatan

Mengangkat tema kewirausahaan pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, siswa-siswi kelas V SD Islam Nurus Sunnah menyepakati untuk membuat telur asin yang nantinya dapat bermanfaat bagi para siswa dari sisi keterampilan membuat telur asin hingga memiliki nilai jual. Selain itu, kegiatan ini melatih keterampilan siswa dalam berkolaborasi selama pembuatan telur asin. Dimensi yang dikuatkan dalam P5 ini yaitu Mandiri, Kreatif dan Gotong Royong.

Mari kita bahas bagaimana ya proses pembuatan telur asin? Simak artikel ini sampai habis!

Sebelum melangkah ke cara pembuatannya, perlu kita ketahui apa itu telur asin dan gizi apa saja yang terkandung di dalamnya. Telur asin adalah olahan telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Telur asin memiliki kandungan gizi yang meliputi: protein, vitamin A, lemak, vitamin D, vitamin B12, kalsium, fosfor, sert zat besi.

Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan telur asin yaitu, telur bebek mentah, garam, baskon, sabut kelapa, batu bata yang telah dihancurkan, abu gosok, air dan spons. Langkah pertama, siapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Rendam telur ke dalam air selama 2 menit. Bersihkan telur secara perlahan dengan spons agar tidak retak. 

Dokumentasi kegiatan

Kemudian  campurkan abu gosok dengan air, aduk rata. Setelah itu masukkan garam kemudian aduk kembali. Lumuri telur dengan abu gosok sampai menggumpal dengan ketebalan 3 cm. 

Dokumentasi kegiatan

Dokumentasi kegiatan

Kemudian masukkan telur satu persatu ke dalam baskom setelah itu taburkan abu gosok secukupnya, diamkan selama 7-14 hari. 

Dokumentasi kegiatan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline