Lihat ke Halaman Asli

I Nyoman Tika

Dosen Kimia Undiksha - Hoby menanam anggur

Bunga Gemitir, Aspek Farmakologis dan Sosial Budaya

Diperbarui: 22 September 2024   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebun Gemitir yang indah ( sumber : Holydayayo )

Salah satu bunga yang laris manis saat  hari raya Galungan di Bali adalah bunga gemitir. Bunga ini digunakan untuk menghiasi canang sari, yang merupakan unsur penting dalam banten  bagi umat Hindu. 

Oleh karena banyak yang membutuhkan harganya merangkak naik. Hasil penelusuran saya di Pasar banyuasri Singaraja, terlihat bahwa harga 1 kg bunga gumitir ini mencapai 30-40 ribu rupiah, ini sudah H-3. Menjelang hari raya galungan., tanggal 25 September 2024

Pedagang dan petani bunga gumitir memang lagi  beruntung, sehingga permintaan yang banyak membuat mereka untung besar.

Bunga gumitir saat ini banyak digunakan sebagai hiasan dan juga digunakan sebagai penghias taman, sehingga menarik wisatawan, dalam bentuk taman gumitir.

Taman Gumitir, yang sering disebut Taman Bunga Marigold, adalah destinasi wisata yang sedang banyak dibicarakan dan terbilang baru di Bali. Seperti yang kita ketahui, Bali selalu menawarkan berbagai destinasi menarik yang membuat wisatawan tak pernah merasa bosan untuk kembali. 

Dari keindahan alam, pantai, akomodasi, hingga beragam atraksi lainnya, Bali menjadi salah satu kota di Indonesia yang selalu ramai pengunjung. Salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Gemitir. 

Tempat ini merupakan ladang bunga yang sangat indah, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan tentunya sangat instagramable bagi mereka yang suka berburu foto atau sekadar selfie untuk dibagikan di media sosial seperti Instagram. Objek wisata ini terletak di desa Temukus, Karangasem, dekat dengan pura Besakih. Jadi, rasanya kurang lengkap jika kamu mengikuti tur di Bali ke pura Besakih tanpa berkunjung ke sini.

Bunga Gemitir sebagai Dekorasi Pernikahan di Bali ( Sumber : Calonarsitek )

Selain itu, kini tentu - Bali tidak hanya terkenal dengan pariwisata pantainya, tetapi Bali juga memiliki taman bunga yang indah di Indonesia. Bunga yang tumbuh di Taman Bunga Gumitir adalah bunga Marigold yang berwarna kuning keemasan. Bunga ini cukup unik, selalu tumbuh di awal setiap bulan, sehingga sesuai dengan namanya "Marigold" yang berarti "Setiap bulan."

Tulisan singkat ini ingin mengajak pembaca untuk mengetahui selayang pandang bunga gemitir, dan aktivitas farmacologis dan sosial budaya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline