Lihat ke Halaman Asli

Ntika

Petani anggur

Berkah Kacang Panjang

Diperbarui: 18 Agustus 2024   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Salah satu desa  unia di barat Gunung agung Bali,  adalah Desa pempatan, berlokasi di Kecamatan Rendang , Kabupaten Karangasem,  menarik perhatian saya, sebab tanahnya  subur, banyak dihasilkan palawija, dan yang banyak adalah kacang Panjang. Tanaman kacang Panjang digunakan sebagai  tumpang sari. Di sela-sela kebun palawija lainnya.

Kacang panjang ini sebagai sayuran , dipetik dibawa ke pasar , kemudian dijual lalu dibelikan  lauk-lauk yang lain, entah,  beras, garam, beumbu, pelengkap lauk sabun cuci  dan kebutuhan dapaur lainnya.

Kacang diolah menjadi  sayuruan, yang dikenal dengan nama jukut kacang, dipakai urab, lawar rambanan, dan masakan lainnya. Itulah makanan di kampung mereka berswasembada sayuran, hanya membeli ikan dan garam, yang lain cabai, bawang dan bungkilan lain biasanya sudah menjadi tumpang sari.

Menanam kacang panjang harus menjadi bagian dari rencana berkebun Anda. Dinamai berdasarkan ukurannya, kacang panjang dapat tumbuh hingga 3 kaki (meskipun ukuran rata-ratanya adalah setengah yard). 

Karena merupakan tanaman merambat yang tumbuh vertikal, kacang panjang merupakan pilihan yang tepat bagi tukang kebun yang tidak memiliki banyak ruang. Karena ukurannya dan jumlahnya yang banyak selama masa panen, Anda mungkin akan memiliki kacang panjang untuk dimakan sepanjang tahun. Kacang panjang tumbuh dengan baik di sebagian besar iklim, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kebun pemula.


Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyiapkan kacang panjang. Sayuran ini terasa lezat dimasak atau mentah. Kacang panjang merupakan tanaman yang sempurna untuk ditanam bagi mereka yang ingin berkreasi di dapur. 

Dicincang mentah, kacang panjang merupakan tambahan yang bagus untuk salad. Baik ditumis, dipanggang, atau dibuat tumis kacang panjang, menambahkan sedikit panas akan meningkatkan rasanya. Beberapa orang lebih suka kacang panjang daripada kacang hijau saat sup atau semur membutuhkannya karena tidak terlalu lembek.

Tidak seperti kacang hijau, kacang panjang lebih baik dimasak dengan minyak daripada air, sehingga cocok untuk ditambahkan ke hidangan tumis. Kacang panjang dapat ditelusuri kembali ke beberapa bagian Asia dan merupakan bahan umum dalam hidangan Cina, terutama kacang hijau goreng kering dengan sedikit kecap. Beberapa orang lebih suka cara yang lebih sederhana, yaitu menumisnya dengan bawang putih dan mentega. Kacang panjang merupakan sumber serat, vitamin C, zat besi, dan vitamin A yang baik.

Dalam tulisan ini ingin melihat Selayang pandang kacang Panjang pada asepk fitokimia dan kebermanfaatannya bagi kesehatan manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline