Lihat ke Halaman Asli

Nathania Zabrina

Mahasiswa S1 Gizi Universitas Negeri Surabaya

Adakan Pendidikan Gizi tentang Anemia, Kelompok 7 Proyek Kemanusiaan Gizi Unesa 2021 Tegaskan Pentingnya Konsumsi TTD

Diperbarui: 12 Juni 2024   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa KKN proyek kemanusiaan kelompok 7 Gizi Universitas Negeri Surabaya mengadakan pendidikan gizi tentang Anemia dan pentingnya konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) yang dilaksanakan di SMA dan MTs Raden Fatah Driyorejo pada hari Senin tanggal 1 April 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja putri tentang anemia serta meningkatkan penggunaan tablet tambah darah sebagai pencegah anemia.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa anemia merupakan masalah gizi yang banyak terjadi pada remaja putri dibandingkan remaja putra karena remaja putri mengalami menstruasi setiap bulannya. Tingginya prevalensi anemia pada remaja dapat menimbulkan dampak buruk dikemudian hari seperti mudah terserang penyakit, daya tahan tubuh melemah dan prestasi belajar yang menurun. Selain itu akan muncul dampak yang lebih serius lagi yaitu remaja putri nantinya akan menjadi calon ibu hamil dan melahirkan, dimana keadaan anemia akan memperbesar risiko terjadinya kematian ibu melahirkan, bayi prematur dan berat bayi lahir rendah (BBLR). Maka dari itu penting sekali untuk dilakukannya pendidikan gizi terkait anemia pada remaja putri untuk mencegah anemia.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan ini di sambut antusias oleh siswi-siswi SMA dan MTs Raden Fatah Driyorejo. Tidak hanya memberikan materi, mahasiswa KKN Gizi Unesa juga mengadakan diskusi interaktif dan kuis berhadiah bagi para siswi-siswi yang aktif dalam kegiatan ini. Selain itu, terdapat juga pembagian tablet tambah darah sebagai upaya meningkatkan konsumsi TTD bagi remaja putri.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswi-siswi di SMA dan MTs Radeh Fatah Driyorejo akan pentingnya mengkonsumsi TTD untuk mencegah anemia demi mewujudkan generasi emas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline