Lihat ke Halaman Asli

Nanta

Freelancer ~ Content Writer ~ Copywriter ~ Blogger

Tradisi Ramadan yang Masih "Kental" di Klaten

Diperbarui: 9 Mei 2019   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tradisi Ramadan Yang Masih "Kental" Di Klaten

Setiap daerah selalu mempunyai tradisi unik yang masih dilakukan selama Ramadan. Seperti di salah satu kota yang ada di Jawa Tengah, yaitu Klaten. Kota kecil yang terletak di antara Solo dan Jogja ini tentunya masih kental dengan beberapa tradisi saat Ramadan.

Buat Anda yang penasaran, berikut beberapa tradisi yang masih sangat kental di Klaten

Nyadran

Bagi  orang yang tinggal di Jawa tentunya tidak asing dengan istilah ini. Nyadran adalah sebuah tradisi untuk membersikan makam para leluhur. Meski di beberapa daerah tradisi nyadran sudah mulai punah, tapi ternyata di Klaten masih tetap dilestarikan.

Beberapa kegiatan yang dilakukan saat nyadran antara lain, melakukan kenduri yang kemudian ditutup dengan makan bersama. Yang paling menyenangkan adalah ketika saling bertikar makanan dengan tetangga, maka tak heran jika masih baanyak anak kecil yang ikut tradisi ini.

Setelah selesai makan bersama, maka akan dilanjutkan dengan membersihkan makam para leluhur masing-masing yang dilanjutkan dengan mendoakan arwah para leluhur. Tradisi nyadran biasanya dilaksanakan beberapa hari sebelum puasa.

Padusan

Tradisi ini dilakukan satu hari sebelum puasa. Biasanya tempat yang dituju adalah di umbul atau kolam renang. Wilayah Klaten dan sekitarnya masih kental dengan acara ini karena banyak umbul atatu kolam renang yang masih alami sehingga airnya lebih menyegarkan.

Jika Anda juga tinggal di Klaten, pasti pernah ikut padusan. Tempat di Klaten yang ramai saat padusan antara lain, Umbul Ponggok, Umbul Jolotundo, Umbul Susuhan dan masih banyak lagi. Suasanya sangat ramai karena banyak sanak keluarga dari luar kota yang pulang ke kampung demi mengikuti tradisi ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline