Lihat ke Halaman Asli

Analisis Pemasaran Produk Cheese Tuna Fish Roll

Diperbarui: 4 November 2021   19:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Produk Fish Roll (sumber : karawangpost.pikiran-rakyat.com)

Penulis : Junianto* dan Nabila Syifa Nurrahmah**

* Dosen Departemen Perikanan, Unpad

** Mahasiswa Prodi Perikanan, Unpad

Belakangan ini, produk frozen food banyak dijumpai di pasaran. Salah satu faktor yang menyebabkan tingginya peluang pasar dari produk ini adalah perubahan dan perkembangan zaman. Orang-orang mulai banyak disibukkan dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya, sehingga mereka memiliki waktu yang terbatas, bahkan untuk menyediakan makanan di rumah. 

Terlebih, dengan adanya kemajuan dan kemudahan teknologi, hampir setiap rumah sudah mulai memiliki lemari pendingin. Faktor-faktor tersebutlah yang meningkatkan peluang frozen food di pasaran. Selain penyajiannya yang mudah dan praktis, produk pangan beku juga umumnya memiliki masa simpan produk yang lebih panjang.

Produk pangan yang banyak dijadikan olahan frozen food diantaranya adalah produk-produk perikanan, yang pada dasarnya merupakan produk yang mudah rusak (perishable). Contoh produk olahan perikanan beku adalah fish roll. Fish roll yang banyak beredar di pasaran biasanya berasal dari komoditas ikan tuna dan lele. 

Cheese tuna fish roll merupakan salah satu varian dari fish roll. Produk olahan ini berupa lumatan daging tuna yang dicampur dengan tepung, telur dan bumbu-bumbu dengan isian berupa keju mozarella yang dibalut oleh kembang tahu. 

Salah satu keunggulan dari produk ini adalah adanya isian keju mozzarella yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat serta menjadi bahan pangan yang banyak digunakan dalam 'makanan-makanan kekinian’. 

Sama seperti produk pangan beku lainnya, produk ini mudah untuk diolah, bisa hanya dengan penggorengan atau pengukusan saja. Selain itu, produk ini juga mudah dikreasikan menjadi berbagai olahan makanan lainnya. Cheese tuna fish roll juga dapat menjadi olahan ikan alternatif bagi orang-orang yang tidak terlalu menyukai makan ikan secara langsung.

Untuk menganalisis pasar Cheese tuna fish roll ini ada beberapa hal yang perlu untuk dilakukan yaitu menganalisis konsumen, menganalisis pesaing dan perencanaan pemasarannya.  Analisis konsumen itu dilakukan terhadap kebutuhan konsumen akan Cheese tuna fish roll dan segmen pasar yang akan ditargetkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline