Lihat ke Halaman Asli

Pancasila di Dadaku

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Seperti apa yang kita tau apa itu Pancasila? Pancasila tidak hanya sebagai ideologi negara tetapi juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar diri sendiri dan negara kita tertata dengan baik. Jika kita menerapkan pancasila dijamin hidup kita tidak akan salah jalan. Apalagi jika sila pertama yang bisa kita terapkan yaitu "KETUHANAN YANG MAHA ESA" hidup kita akan selalu merasa senang dan tidak gelisah Jadi jika kita menerapkan sila pertama otomoatis sila yang lainnya akan mudah kita lakukan dan terapkan.

Sila ke-2  " Kemanusiaan yang adil dan beradab" sila ini menunjukkan antar manusia saling tolong menolong dan saling toleransi karena manusia sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan bantuan orang lain tidak akan bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Contohnya : jika kita sakit atau meninggal dunia tidak mungkin kita bisa mengurus diri kita sendiri pasti kita membutuhkan bantuan orang lain. dan juga kita harus bisa adil serta mempunyai adat dan (sopan santun) kepada sesama manusia.

Sila ke-3 "Persatuan Indonesia". Sila ini sangat penting kita terapkan untuk menjaga kedaulatan negara kita tercinta  INDONESIA. Kita harus saling bekerja sama mencari solusi dan menjaga kedaulatan kita sehingga negara kita bisa maju dan tidak terancam oleh penjajah dari negara lain seperti zaman dahulu yang pernah negara kita alami. Intinya negara kita ini bisa menjadi negara maju terbebas dari para penjajah. HIDUPLAH INDONESIA

Sila ke-4 "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan". Sila ini sangat penting untuk memcahkan solusi atau jika ada permesalahan kita harus menyelesaikan masalah itu dengan musyawarah dan harus dengan bijaksana kita harus saling menurunkan ego kita masing-masing agar penyelasaian masalah dari diri kita cepat terselesaikan.

Sila ke-5 "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia". sila ini menunjukkan antar rakyat indonesia memiliki hak dan kewajiban sendiri yang diatur oleh negara. misalnya prasarana umum dibuat untuk semua rakyat indonesia tidak ada perbedaan antar semua rakyat indonesia.

Jadi Pancasila itu sebenarnya sangat membantu untuk kehidupan kita, cuma ada beberapa orang yang beranggapan bahwa pancasila itu hanyalah peraturan yang dibuat untuk dilanggar bukan untuk dipatuhi karena mereka beranggapan bahwa tidak ada manfaat jika mereka melaksanakan Pancasila. Walaupun saya dulu tidak mengerti apa manfaat dari Pancasila tetapi lama-kelamaan semakin dewasa saya semakin mengerti apa manfaat dari PANCASILA. Pancasila di Dadaku Pancasila jiwa ragaku.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline