Lihat ke Halaman Asli

E-wallet, Transformasi Digital dalam Transaksi Keuangan

Diperbarui: 20 Agustus 2024   21:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di era digital saat ini, teknologi telah merambah hampir setiap aspek kehidupan kita, termasuk dalam hal transaksi keuangan. Salah satu inovasi yang semakin populer adalah e-wallet atau dompet elektronik. E-wallet adalah aplikasi berbasis teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan melakukan transaksi keuangan secara digital. Konsep ini tidak hanya mempermudah kehidupan sehari-hari, tetapi juga memberikan keamanan dan kenyamanan yang lebih tinggi dibandingkan metode pembayaran tradisional.

E-wallet adalah sebuah aplikasi atau platform digital yang menyimpan informasi pembayaran penggunanya seperti nomor rekening pengguna dan nomor kartu kredit. E-wallet juga bekerja sama dengan menggunakan teknologi enskripsi untuk melindungi data data pengguna serta menyediakan fitur otentikasi untuk memastikan bahwa hanya pemilik yang sah yang dapat mengakses informasi dan melakukan transaksi.

Penggunaan e-wallet ini juga seringkali dijadikan opsi untuk pembayaran suatu pembelian karena mudah dan praktis. Berikut beberapa contoh platform digital e-wallet 

- OVO : 

Pada awal kehadirannya, kita mengenal OVO sebagai alat pembayaran untuk aplikasi Grab. Namun, saat ini OVO bisa kamu gunakan sebagai dompet digital

- DANA

Fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah menyediakan layanan transfer ke bank tanpa biaya administrasi. Ini menjadi alasan utama orang-orang setia menggunakan DANA.

- Linkaja

Aplikasi ini berada di bawah Telkomsel. LinkAja bekerja sama dengan beberapa bank BUMN. Oleh karena itu, salah satu keunggulan LinkAja adalah biaya transfer ke bank BUMN sangat murah, yakni hanya Rp1.000.

- Gopay

Selain bisa kamu gunakan untuk menjadi alat pembayaran di seluruh fitur GO-JEK, GO-PAY juga sudah bekerja sama dengan banyak merchant.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline