Lihat ke Halaman Asli

Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembeljaran Berbasis Digital

Diperbarui: 23 Juli 2021   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sejak  bulan Maret 2020 Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak wabah virus Covid-19 dan mulai banyak masyarakat yang terpapar virus Covid-19, virus ini merupakan virus yang berbahaya karena dengan mudah menular kepada orang lain dan dapat menyebabkan kematian. Akibat adanya pandemic Covid-19 di Indonesia berimbas sangat besar kepada bidang Pendidikan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim memutuskan untuk seluruh proses pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau secara daring.

Walaupun sekarang sudah dimudahkan dengan akases belajar yang mudah dengan media teknologi, namun kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring ini tidak semua siswa dan guru dapat melaksanakannya dengan baik karena keterbatasan yang ada. Misalnya, ketidaksediaan fasilitas yang menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring (seperti: ponsel, laptop, jaringan, kuota internet). Selain itu, keterbatasan siswa dan guru dalam penggunaan media digital.

Selain itu, salah satu faktor yang menyebabkan tidak efektifnya kegiatan pembelajaran adalah ketidakmampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yang menarik untuk siswa. Banyak guru yang tidak menguasai media teknologi dan informasi sehingga mengakibatkan guru tidak bisa mengeksplor lebih jauh terkait bahan ajar dan media pembelajaran yang seharusnya digunakan untuk meningkatkan minat dan konsentrasi siswa dalam mengkuti pembelajaran.

Situasi pandemi Covid-19 ini menjadi sebuah tantangan bagi guru bagaimana ia dapat memanfaatkan media teknologi informasi dengan optimal, berpikir kreatif dan inovatif dalam menggunakan media pembelajaran agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan siswa pun dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga siswa tidak jenuh dalam menerima pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran yang baik maka akan membuat minat siswa dalam belajar akan naik.

Pembelajaran yang memanfaatkan media pembelajaran akan memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu juga dengan memanfataakan media pembelajaran menjadikan proses pembelajaraan daring lebih efisien dan efektif. Maka dari itu, guru dituntut untuk dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital dengan baik dan juga guru dituntut untuk dapat berfikir kreatif dan inovatif agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran daring.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline