Lihat ke Halaman Asli

Camp Nou Hancur, Barcelona Pindah ke Mana?

Diperbarui: 14 Juli 2023   08:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Stadion Camp Nou (unsplash.com/ Ken Russo)

Camp Nou, stadion ikonik Barcelona yang telah menjadi rumah bagi klub sepak bola terkenal FC Barcelona selama bertahun - tahun. Salah satu stadion terbesar di dunia ini bisa menampung penonton dengan kapasitas hingga 99 ribu penonton. Camp Nou telah menjadi saksi dari banyaknya momen bersejarah dalam perjalanan sukses Barcelona. Namun, setelah bertahun - tahun, stadion ini akhirnya harus dihancurkan.

Proses Renovasi Camp Nou (Dailymail.co.uk)  

Stadion Camp Nou saat ini sedang dihancurkan sebagian untuk direnovasi. Kabarnya, perbaikan stadion ini baru akan selesai pada tahun 2026. Sehingga, Barcelona harus mencari stadion baru selama renovasi ini. Dalam menghadapi situasi ini, Barcelona telah memulai diskusi serius tentang mencari rumah baru bagi klub. Akhirnya, pilihan, jatuh pada Estadi Olimpic Lluis Companys sebagai kandang sementara mereka, setidaknya selama musim depan nanti.

Potret Estadi Olimpic Lluis Companys (fcbarcelona.com)

Estadi Olimpic Lluis Companys sebenarnya masih berada di kota Barcelona. Stadion ini juga pernah digunakan untuk acara Olimpiade Olahraga pada tahun 1992. stadion ini juga sempat digunakan sebagai stadion utama klub rival dari Barcelona yaitu, Espanyol pada tahun 1997 - 2009, sebelum akhirnya Espanyol pindah ke RCDE Stadium sebagai stadion utama mereka.

Ilustrasi Hasil Revovasi Camp Nou (Dok. youtube.com/FC Barcelona)

Perbaikan ini akan memperluas dan juga membuat stadion ini menjadi stadion modern yang pasti memiliki pembaruan teknologi yang membuat stadion ini semakin bergengsi. Renovasi ini akan menghabiskan dana sebanyak £1, 25 miliar. Stadion ini akan menambah atap dan meningkatkan kapasitas penonton hingga 105.000 kursi. Selain itu, secara resmi stadion ini akan diperkenalkan sebagai sebagai 'Spotify Nou Camp' sebagai sponsor mereka. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline