Lihat ke Halaman Asli

Suprihati

TERVERIFIKASI

Pembelajar alam penyuka cagar

Ciblon, Terapi Air dan Kesehatan Adiyuswa

Diperbarui: 7 Januari 2024   18:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi ciblon terapi air di pemandian alam Muncul (Dokumen Pribadi)

Sukaria bermain air di pemandian bagian nostalgia ciblon masa kecil. Upaya merawat kesehatan adiyuswa bersama kawan dan alam. Mari nikmati keceriaannya.

Kesehatan adiyuswa

Hampir 2 tahun berselang, bersama kami menginisiasi kegiatan bergerak dalam air. Bermula dari keluhan beberapa adiyuswa tentang masalah lutut pun kebugaran. Dokter yang merawatnya menganjurkan untuk terapi air. Kesulitan ada pada kesediaan waktu keluarga pendamping.

Terminologi adiyuswa sebagai penyilih lansia lanjut usia. Keselarasan term usia dini adalah usia lanjut, lah nanti disingkat usil makin tidak berkenan. Beberapa menggunakan istilah warga senior. Adiyuswa berasal dari kata adi berarti indah berharga dan yuswa atau usia. Adiyuswa syukur atas usia indah berharga.

Pola kesehatan seiring umur mengikuti kurva U. Sangat rentan pada periode bayi, anak dan kembali melemah pada usia menua. Kami menggunakan batasan usia 60 tahun sebagai awal adiyuswa. Meski patokan kini bergeser ke arah kanan.  

Memadukan kebutuhan terapi bergerak di air dan kesediaan waktu pendamping keluarga dapat disiasati. Selama para adiyuswa masih mandiri, mari membentuk kelompok kecil. Bersama saling mendukung dalam terapi air.

Bermula dari 8 ibu, nenek, oma, eyang kelompok ini dimulai. Berangkat dari titik kumpul sekitar pk 06.20. Bersyukur kami bermukim dekat dengan kolam renang pemandian alam Muncul di tepian Rawa Pening. Pukul 7 sudah siap masuk nyemplung ke kolam.

Simbok mengusulkan istilah ciblon. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ciblon/cib*lon/ Jw n permainan anak-anak ketika mandi di sungai atau di pemandian dengan cara menepak-nepakkan telapak tangan pada permukaan air sehingga menimbulkan bunyi tertentu.

Bunyi kecipak kecipuk saat bermain air dan nostalgia masa kanak-kanak memiliki dampak psikologis positif bagi adiyuswa. Rona sukaria menguar saat bermain dalam air. Kereen loh kami membuat WAG d'cibloners para peciblon alias cibloners.

Anggota kian bertambah. Secara berkala dokter penyakit dalam jujugan para adiyuswa memantau melalui salah satu anggota. Beliau juga mengirim pasien lain untuk bergabung dengan kami. Aha lintas wilayah juga keragaman peserta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline