Lihat ke Halaman Asli

Suprihati

TERVERIFIKASI

Pembelajar alam penyuka cagar

Situs Watu Kandang Matesih, "Stonehenge" di Lereng Barat Gunung Lawu

Diperbarui: 22 Juli 2023   07:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cagar Budaya Situs Matesih (Dokumentasi pribadi)

Batu batu bercerita. Meneruskan pesan antar masa kepada penyimaknya. Begitupun Situs Watu Kandang Matesih, Stonehenge di Lereng Barat Gunung Lawu.

Sahabat pembaca Kompasiana tentunya tidak asing dengan Stonehenge, Situs Warisan Dunia UNESCO di Inggris. Stone adalah batu dan henge bermakna lingkaran. Stonehenge adalah batu tertata melingkar atau lingkaran batu tegak.

Stonehenge di Inggris diperkirakan dibangun antara 3000 SM hingga 2000 SM. Merupakan situs prasejarah yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Beberapa peneliti mengindikasi Stonehenge sebagai observatorium kuno berkenaan dengan penanggalan dan matahari.

Belum pernah menjejakkan kaki di areal Stonehenge di Inggris. Namun membayangkannya saat menikmati Situs Watu Kandang alias Situs Matesih. Yook simak narasi ala simbok kebun.

Situs Watu Kandang Matesih

Berkunjung ke Situs Watu Kandang alias Situs Matesih, meski sejenak. Saat mengikuti acara keluarga di Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Bergeser singgah di kecamatan Matesih yang berdekatan.

Tidak sulit mencapainya. Berada di tepi jalan jalur Matesih-Tawangmangu. Situs ini berada di Dusun Ngasinan, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Berpenanda Situs Matesih yang dikelola oleh BPCB Jateng.

Sekilas mata awam melihat sekumpulan batu tersusun dengan pola tertentu. Dulunya menghampar pada persawahan penduduk. Kini sebagian sawah sudah merupa menjadi kawasan kering untuk keperluan situs sejarah.

Tebaran batuan situs di persawahan (Dokumentasi pribadi)

Penduduk setempat menyebutnya watu kandang. Watu adalah bahasa Jawa yang berarti batu. Kandang dimaknai mengurung. Sekumpulan batu dengan formasi melingkar seperti mengurung atau kandang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline