Lihat ke Halaman Asli

Suprihati

TERVERIFIKASI

Pembelajar alam penyuka cagar

Genjer dan Kelakai, Pangan Lokal dari Ekosistem Lahan Basah

Diperbarui: 3 Februari 2022   12:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sayuran Genjer.| Sumber: Budi Santoso/BKSDA Jateng via jateng.tribunnews.com

Ekosistem lahan basah berperan penting sebagai komponen penata siklus air dan adaptasi iklim. Secara mikro juga menjadi penyedia pangan lokal. Mari menyoal Genjer dan Kelakai, pangan lokal dari ekosistem lahan basah.

Ekosistem Lahan Basah

Hari ini Rabu 2 Februari 2022 adalah peringatan Hari Lahan Basah Sedunia. Peringatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia akan arti penting lahan basah. Bermula dari Konvensi di kota Ramsar, Iran pada tahun 1971.

Ekosistem lahan basah memegang peranan penting atas ekologi dan ekonomi dunia. Mencakup tata hidrologi, adaptasi iklim, pun keanekaragaman hayati. Kesatuan ekosistem dengan komponen biotik dan abiotik yang khas. Penciri utamanya adalah tingkat kejenuhan kejenuhan air tanah yang tinggi.

Lahan basah dianalogikan sebagai 'ginjal bumi'. Laiknya ginjal sebagai penyaring toksik. Hal ini ditumpukan pada kemampuan lahan basah menyerap karbon dioksida (CO2) pada daur karbon global. Mampu menjadi sink penyimpan karbon sehingga menghambat laju pemanasan global.

Keprihatinan global karena menyusutnya peran ekosistem lahan basah dalam menjaga kelestarian bumi oleh aktivitas manusia. Artikel ini tidak hendak menyoal hal berat. Sahabat pembaca Kompasiana dapat merunut pada artikel Lahan Basah yang Terlupakan, anggitan Prof Ronny R. Noor yang mengupasnya secara apik holistik.

Aneka wujud bentang fisiografis lahan basah. Hamparan gambut, rawa, bantaran sungai bagian dari ekosistem lahan basah. Pernah mengulik peran tebaran rawa Jabodetabek dengan contoh tiga rawa skala mini sebagai tata kelola air alami. Terdegradasinya peran rawa alami oleh aneka kepentingan.

Sila singgah pada artikel: Jabodetabek Kawasan Seribu Rawa, Riwayatmu Kini

Genjer di Lahan Basah (Foto: Putri Akmal/detikcom)

Genjer dan Kelakai, Pangan Lokal dari Ekosistem Lahan Basah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline