Lihat ke Halaman Asli

NapMI

hamba allah

Amal yang Mendekatkan Kita Kepada Allah SWT

Diperbarui: 2 Maret 2022   07:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rasulullah SAW. Ia tidak meremehkan tentang arti cinta. Makanya salah satu doa yg kita dapatkan ketika rasulullah SAW berdoa, rasulullah SAW. Itu berdoa meminta kekuatan 3 cinta dari allah SWT. Sebagaimana yang diriwayatkan dari jalurnya imam ahmad doanya yaitu :

 

"Ya Allah, saya memohon agar dapat mencintaiMu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu dan mencintai amal yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu. (HR. Tirmidzi).

Dalam Artikel ini akan menjelaskan poin ketiga yang terdapat dalam hadist diatas yaitu mencintai amal yang dapat mendekatkan seseorang untuk mendapat cinta dari allah SWT.

Amalan yang mudah untuk dicintai oleh allah SWT. Adalah kesabaran. Yang dimana allah slalu memperintahkan kita untuk slalu sabar di dalam al qur'an hingga 90 kali. Definisi dari sbar sendiri menurut M. Quraish Shihab pengertian sabar sebagai "menahan diri atau membatasi jiwa dari keinginannya demi mencapai sesuatu yang baik atau lebih baik dari rasa gelisah, cemas dan amarah; menahan lidah dari keluh kesah; menahan anggota tubuh dari kekacauan. 

sabar tidak hanya mengenal tentang sabar dalam ujian saja. tetapi di dalam kitab silsilatul a'malil qulub  diterangkan bahwa sabar tidak hanya tentang sabar tentang ujian dan musibah. Justru sabar tentang ujian dan musibah adalah yang paling rendah kualitasnya dan paling kecil pahalanya dan ternyata sabar itu terbagi menjadi 3 ; kedudukan yang pertama pahalanya lebih besar dari yang kedua dan yang kedua kedudukannya lebih besar dari yang ketiga. Pertama sabar yang paling besar adalah sabar dalam masalah ketaatan dan yang kedua adalah sabar ketika meninggalkan larangan larangan yg telah di haramkan oleh allah dan rasulnya dan yg ketiga adalah sabar ketika datang musibah dan ujian.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline