Lihat ke Halaman Asli

Rilla Amanda

Actively Job Seeker

Mixue Semakin Laris dan Masyarakat yang FOMO akan Jajanan Manis

Diperbarui: 7 Januari 2023   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Es Krim Mixue dan Outletnya (Sumber: Facebook Jajan Solo)

Pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia pada tahun 2020 lalu, tepatnya di Cihampelas Walk Kota Bandung, perusahaan es krim asal Negeri Tiongkok ini semakin bersemangat memperluas jangkauan bisnis usaha manisnya secara masif.

Laporan Detikfood menyebutkan, saat ini Es Krim Mixue telah tersedia di lebih 300 gerai yang tersebar se-Indonesia Raya. Hampir di setiap tikungan ada, katanya.

Kompasioner pastinya tidak akan melewatkan es krim viral satu ini.

Produk Mixue

Mixue [dibaca:mi-shuwe] adalah gabungan dari konsonan Mi dan Xue dalam Bahasa Mandarin, di mana Mi berarti madu/manis, dan Xue memiliki arti salju. Maka Mixue dapat dimaknai sebagai Salju yang Manis Seperti Madu. Pengertian ini digambarkan melalui logo brand dan badut maskotnya yang menggemaskan itu.

Foto Snow King, Badut Maskot Es Krim Mixue (Sumber: Popbela.com)

Es krim berlogo Snow King dengan dominasi warna merah putih ini (Indonesia sekali bukan?), menawarkan beberapa menu di setiap outletnya dalam empat jenis, yaitu fresh ice cream, milk tea, real fruit tea, dan fresh tea. 

Harga dari setiap varian es krim dan tehnya dibanderol dengan harga yang cukup murah, berkisar dari 18-24 ribuan rupiah. Bahkan satu porsi ice cream cone ukuran besarnya hanya 8 ribu. Harga yang relatif murah dibanding dengan jajanan minuman viral pesaingnya.

Snow King Siap Merajai Dunia Per-Eskriman Indonesia

Dominasi Es Krim Mixue dan produk China lainnya di Indonesia memang bukan hal yang dapat terhindarkan akibat kondisi geopolitik dan geoekonomi saat ini. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dimuat dalam laman Tempo.co menunjukkan bahwa saat ini China kembali membuktikan diri sebagai mitra perdagangan utama Indonesia.

Menargetkan pasar kepada kalangan menengah ke bawah yang cenderung sensitif akan harga, tidak mengherankan jika sering kita temukan produk-produk China yang memiliki harga cenderung lebih murah dibandingkan dengan produk impor lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline