Lihat ke Halaman Asli

RUTAN PELAIHARI

Humas Rutan pelaihari

VCT Mobile Rutan Pelaihari, Langkah Nyata Jaga Kesehatan Warga Binaan

Diperbarui: 29 Juli 2024   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humas Rutan Pelaihari

PELAIHARI,INFO_PAS - Sebanyak 100 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas IIB Pelaihari mengikuti kegiatan "Voluntary Counselling and Testing" (VCT) mobile atau pemeriksaan HIV/AIDS, Hepatitis, dan Infeksi Menular Seksual (IMS) di Klinik Rutan Pelaihari.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin (29/7/2024) ini merupakan hasil kerja sama antara Rutan Pelaihari dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinkes Kabupaten Tanah Laut, dibantu oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Angsau.

Humas Rutan Pelaihari

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Pelaihari, M. Fahrurrazi, mengungkapkan bahwa kegiatan VCT mobile ini bertujuan untuk mendeteksi dini adanya kasus HIV/AIDS, Hepatitis, dan IMS di kalangan WBP. "Dengan adanya deteksi dini, maka penanganan terhadap WBP yang terinfeksi dapat dilakukan lebih cepat dan tepat," ujar Fahrurrazi.
"Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang baik dengan Dinkes Provinsi dan Kabupaten serta UPT Puskesmas Angsau. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh warga binaan," imbuhnya.

Humas Rutan Pelaihari

Sementara itu, perawat Rutan Pelaihari, Yuniar Silvarani, menjelaskan bahwa pemeriksaan VCT dilakukan secara bertahap di Klinik Pratama Rutan. "Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang Warga Binaan Pemasyarakatan" terang Yuniar.

Ia menambahkan, kegiatan VCT mobile ini berjalan dengan aman, tertib, dan lancar berkat dukungan dari seluruh pihak. "Warga binaan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka sadar akan pentingnya Deteksi Dini terhadap penyakit menular seperti HIV/AIDS, Hepatitis dan IMS" ungkapnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline