Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Kompetensi Digital Guru SDN Sukorambi 06 Jember: Pelatihan Canva Bersama Melalui Program Kampus Mengajar 6

Diperbarui: 2 Januari 2024   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

              Noviyanti Puspitaningrum merupakan mahasiswa Kampus Mengajar 6 dari Universitas Jember Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Sastra Indonesia. Ia melakukan sosialisasi adaptasi teknologi terhadap aplikasi editing Canva bersama rekan Timnya. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Kampus Mengajar yang telah disusun untuk membantu kebutuhan guru-guru dalam mengajar peserta didiknya. Program kerja ini memang dikhususkan untuk guru-guru di SDN Sukorambi 06 agar lebih memaksimalkan teknologi yang ada. Adaptasi digital ini merujuk pada proses mengubah atau menyesuaikan sesuatu ke dalam format atau lingkungan digital.

Canva adalah sebuah platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis desain dengan mudah, termasuk poster, presentasi, media sosial, dan lainnya. Adaptasi digital Canva dapat merujuk pada penggunaan platform ini untuk membuat desain-desain tersebut secara digital, memanfaatkan fitur-fitur online yang disediakan oleh Canva untuk membuat, menyunting, dan berbagi karya desain secara efisien di platform digital. Ini memungkinkan orang untuk membuat dan mengelola karya desain secara online tanpa perlu perangkat lunak khusus atau keterampilan desain yang kompleks.

              Menurut Noviyanti, adanya pelatihan canva ini membantu menciptakan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Seperti contoh dalam desain materi pembelajaran, Canva memungkinkan guru untuk membuat materi pembelajaran yang menarik dan visual secara cepat dengan berbagai template dan elemen desain yang tersedia.  Mencakup infografis dan ilustrasi. Membuat infografis, diagram, atau ilustrasi yang mendukung pemahaman konsep bagi siswa. Selain itu juga terdapat penghematan waktu dan sumberdaya. Efisiensi pembuatan materi dengan antarmuka yang ramah pengguna, guru dapat membuat materi pembelajaran dengan cepat tanpa harus menguasai perangkat lunak desain yang kompleks.   Akses ke ratusan Template, Canva memiliki banyak template yang dapat digunakan sebagai titik awal, mempersingkat waktu pembuatan desain.

            Ia menjelaskan pula bahwa keuntungan lain yang bisa didapatkan yakni dalam penggunaan medsos pembelajaran. Seperti pembuatan konten untuk media sosial. Guru dapat membuat konten visal yang menarik untuk digunakan dalam konteks pembelajaran online atau untuk berbagi informasi di platform media sosial kelas.

            "Kolaborasi dan keterlibatan siswa juga bagian dari proyek kolaboratif. Guru dapat melibatkan siswa dalam membuat proyek-proyek kreatif menggunakan  Canva, meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Juga bisa untuk pembuatan portofolio siswa. Siswa dapat menggunakan Canva untuk membuat portofolio karya mereka sendiri sebagai bagian dari pembelajaran. Adanya peningkatan komunikasi mencakup visualisasi konsep dan ide. Ini bisa  memanfaatkan elemen visual untuk menjelaskan konsep atau ide secara lebih jelas dan memikat. Yang terakhir yakni dari "Pengenalan Penggunaan Aplikasi Digital" Memperkenalkan Canva guna membantu guru dan siswa untuk menjadi lebih terampil dalam menggunakan aplikasi dan teknologi digital.

Memperkenalkan Canva kepada guru-guru ini bisa menjadi langkah yang baik untuk memperkaya dan memperbarui cara mereka menyajikan informasi dan materi pembelajaran kepada siswa. Dengan alat desain yang intuitif dan beragam fitur, Canva dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kreativitas dan efisiensi dalam pendidikan.

           




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline