Lihat ke Halaman Asli

Noviyanti Putri Lestari

Mahasiswi PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023

SEL.11.2-T1-8 Aksi Nyata Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan Indonesia

Diperbarui: 2 Januari 2024   21:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama saya Noviyanti Putri Lestari, saya adalah mahasiswi PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 di LPTK Universitas Jember. Disini saya akan merefleksikan pembelajaran dalam mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan di Indonesia dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. 

1. Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai proses pembelajaran, yang saya pikirkan tentang topik ini yaitu bagaimana cara kita mengimplementasikan perspektif sosio kultural ini dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, serta bagaimana perspektif sosio kultural ini dapat mengarahkan kegiatan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Dari konsep yang saya pelajari dalam topik ini saya dapat mengetahui tentang pengaruh perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam dunia pendidikan

3. Ruang Kolaborasi 

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Yang dapat saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan saya dalam ruang kolaborasi yaitu beragamnya perbedaan latar belakang dari peserta didik, baik lingkungan sosial, budaya, ekonomi dan politik. Seperti yang telah ditampilkan dalam beberapa video mengenai kegiatan pembelajaran dari beberapa daerah terpencil yang ada di Indonesia. Dari video tersebut kita mendapatkan pembelajaran mengenai pentingnya pemerataan kualitas pendidikan. Selain itu hal tersebut juga memberikan pemahaman kepada saya sebagai seorang pendidik untuk selalu memperhatikan latar belakang peserta didik kita, agar kita dapat menciptakan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, juga dapat memudahkan kita untuk menentukan media pembelajaran dan bahan ajar yang akan kita gunakan.

 4. Demonstrasi Kontekstual

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline