Lihat ke Halaman Asli

Diet vs Olahraga

Diperbarui: 10 September 2015   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kebanyakan dari antara kita sering kali kurang PD (percaya diri) dalam berpenampilan. Salah satu penyebabnya adalah kurang indahnya bentuk tubuh kita. Banyak diantara kita baik perempuan maupun laki-laki mengidam-idamkan bentuk tubuh yang ideal dan proporsional. Berat badan yang berlebih (kegendutan) merupakan masalah yang sangat mempengaruhi kepercayadirian kita. Berbagai macam cara sering kali kita lakukan untuk menurunkan berat badan kita. Ada yang mencoba diet ketat maupun olahraga intensif dan ada pula yang mengkombinasikan keduanya. Lalu manakah yang lebih baik dan efektif? Diet atau olahraga?

Menurut riset yang telah saya lakukan kepada 10 orang wanita, banyak yang beranggapan diet dengan mengurangi porsi makan lebih dilakukan daripada berolahraga. Mereka lebih cenderung memilih tidak mengkonsumsi makanan secara berlebih daripada menggerakkan tubuh mereka. Tahukah Anda bahwa diet dengan mengubah pola makan dan mengurangi posri makan hanya menurunkan massa tubuh Anda saja. Bentuk tubuh yang indah tidak hanya dilihat langsing atau kurus semata, akan lebih indah bila melihatnya tidak mengendur atau kencang. Karena badan kita akan melebar dan mengecil mengikuti berat badan kita. Saat kita berolahraga secara tidak langsung kita mengubah kelebihan lemak, protein dan karbohidrat di tubuh kita menjadi energi.

Banyak yang beranggapan bahwa olahraga membutuhkan biaya yang besar dan tempat yang cukup luas. Sebagian dari kita beranggapan bahwa bentuk tubuh yang indah akibat olahraga hanya bisa didapatkan melalui nge-gym dengan instrukur yang tepat. Berikut ini adalah beberapa olahraga untuk menurunkan berat badan yang murah meriah dan dapat kita lakukan di mana saja:

  • Squat

 

1 set 15 kali hitungan. Anda bisa melakukannya 3 set. Untuk melatih otot paha dan membentuk bokong Anda.

  • Planks

 

Lakukan dengan cara mengangkat badan Anda sejajar dengan kaki Anda tahan dalam 15 kali hitungan. Anda bisa melakukannya sebanyak 3 set. Olahraga ini juga bisa mengecilkan perut Anda yang buncit.

  • Crunches

 

Lakukan dalam 30 kali hitungan.

  • Squat (kaki lebar)

 

Latihan ini melatih paha dalam, betis, pantat dan perut. Caranya, berdiri tegak dengan kaki dibuka lebih lebar, lalu jongkok dengan lutut dan ujung kaki agak mengarah ke luar. Jangan lupa menekan perut saat melakukannya. Anda dapat melakukannya sebanyak 30 hitungan.

  • Sit Up
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline