Lihat ke Halaman Asli

Novitasari Rahmawati

Assalamualaikum wr.wb.

Bangga terhadap Sektor Pertanian dalam Peningkatan Ekonomi dan Ketersediaan Pangan

Diperbarui: 1 Juli 2021   18:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya yang berlimpah tiada habisnya. Indonesia juga terkenal dengan negara kepulauan dan memiliki wilayah yang sangat luas. Penduduk dengan mayoritas beragama Islam dan beraneka ragam suku, budaya, serta adat istiadat. Banyak sumber daya alam yang menarik dan indah yang dijadikan tempat-tempat wisata  yang menarik minat penduduk lokal maupun turis, yang rela menghabiskan banyak uang hanya demi menikmati keindahan alam Indonesia. Kekayaan alam yang berlimpah dapat dimanfaatkan untuk diproduksi baik sebagai sumber energi, pengahasilan, maupun sebagai sumber pangan.

Sejak dulu Indonesia selalu kaya dengan hasil pertanian, seperti perkebunan teh, kelapa sawit, jagung, kedelai, tebu maupun padi. Dari hasil panen para petani tersebutlah yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Tidak hanya membantu dalam kebutuhan pangan negara tetapi juga membantu dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian negara.

Hasil dari pertanian telah banyak membatu dalam peningkatan pertumbuhan perekonomian Indonesia yang ditandai melalui angka ekspor  dari sektor pertanian yang meningkat. Menurut data Badan Pusat Statistik pada bulan April tahun 2021, ekspor pertanian naik hingga 18,98%. Maka dari itu, pertanian memiliki peran yang sangat penting bagi Indonesia. Apabila tidak ada sektor pertanian, Indonesia akan lebih banyak melakukan impor untuk bahan pangan yang akhirnya mempengaruhi pengeluaran negara yang semakin membengkak.

Indonesia sangat bergantung dengan salah satu hasil pertanian yaitu padi yang menghasilan beras. Karena beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Dengan jumlah masyarakat sekitar 271 juta jiwa tidaklah mudah untuk memberikan ketersedian bahan pangan. Keberhasilan sektor pertanian dalam menjaga kestabilan kebutuhan pangan terutama kebutuhan pokok menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia apalagi bagi para petani. Hal tersebut menunjukan bahwa kerja keras mereka telah memberikan kontibusi yang besar bagi negara Indonesia.

Tidak hanya hasil panen saja yang menjadi kebanggaan melainkan juga sektor petanian Indonesia di tahun 2019 menjadi lima negara ekspor pertanian terbaik di dunia. serta kontribusi keuntungan dari pendapatan pertanian yang di sumbangkan kepada negara sehingga perekonomian meningkat juga merupakan kebanggaan dan patut di apresisasikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline