Lihat ke Halaman Asli

Novitasari

Mahasiswi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan

Mengapa dalam Keragaman Manusia Harus Ada Kesetaraan?

Diperbarui: 19 November 2023   22:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jawa Pos

Tuhan menciptakan manusia dibumi ini dengan beraneka ragam, meskipun jumlahnya sangat banyak, akan tetapi tidak ada satupun ciptaan-Nya yang benar-benar sama.

Keberagaman berarti bermacam-macam. Keberagaman merupakan suatu keadaan bahwa manusia sebagai makhluk hidup yang diciptakan dengan beraneka ragam dan adanya perbedaan-berbedaan.

Dalan lingkungan sosial, adanya perbedaan akan menjadikan setiap individu saling mengenal dan saling menghargai.

Seperti halnya dirumah atau dilingkungan tetangga, kita akan mengetahui perbedaan gender, adanya laki laki dan perempuan, adanya perbedaan sifat dan sebagainya.

Jangankan perbedaan suku, seperti beda kecamatan saja budaya maupun adat istiadatnya akan berbeda bukan ? Dari mulai nada berbicara, adat istiadat yang dijalankan, misalnya seperti adat Nyangku yang turun temurun selalu dijalankan masyarakan Panjalu, dan itu hanya di Panjalu saja, yang memang menunjukkan setiap daerah memiliki ciri khas masing masing.

Membahas mengenai keberagaman manusia, maka tidak akan terlepas dari kesetaraan itu sendiri. Meskipun manusia itu berbeda-beda tetapi tingkatan manusia itu sama

Dengan adanya kesetaraan, manusia harus diberi perlakuan yang sama, kesetaraan harus didapatkan dalam berbagai aspek apapun dimasyarat tanpa membedakan gender, kekayaan, keturunan, suku, bangsa dan lainnya.

Jangan sampai menginginkan kesetaraan tetapi lupa dengan adanya perbedaan. Justru kita harus mengetahui bagaimana pentingnya kesetaraan dalam keberagaman supaya terhindar dari kecemburuan sosial, menjadikan kehidupan yang rukun, saling menghormati, saling menghargai dan lainnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline