Lihat ke Halaman Asli

Novitasari

Mahasiswa Statistika FMIPA UNS

Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Dukuh Tirtoyoso terhadap Covid-19

Diperbarui: 29 Juli 2020   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 (dokpri)

(Surakarta, 7 Juli 2020) Penularan dan penyebaran virus Covid-19 hingga saat ini masih terus terjadi. Bahkan, kasus Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah tiap harinya telah mencapai angka puluhan ribu. Berdasarkan situs resmi Kota Surakarta, terdapat 43 orang positif Covid-19 yang tinggal di Kota Surakarta. Dimana 35 orang dinyatakan sembuh dan 4 orang meninggal dunia (https://surakarta.go.id/). 

Meskipun kasus Covid-19 di Kota Surakarta cenderung stabil dan tidak begitu banyak, namun kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pemerintah masih sangat kurang. Karena masih kerap ditemukan masyarakat yang keluar rumah tanpa menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing

Terdapat juga masyarakat yang kurang menyadari pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun atau tidak mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 dapat berpotensi meningkatkan kasus positif Covid-19 dikemudian hari.

Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis (Novitasari, M0717074) melalui program KKN UNS (Universitas Sebelas Maret) Era Covid-19 turut berkontribusi dalam membantu pemerintah untuk upaya pencegahan penularan Covid-19. Dengan bimbingan dari  Ibu Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, S.H., M.M. penulis mengangkat program yang bertemakan "Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19". 

Pelaksanaan program ini dijalankan selama kurang lebih satu bulan yang berlokasi di Dk. Tirtoyoso RT 04 RW 13 Manahan, Banjarsari, Surakarta. Pelaksanaan program kerja dilakukan secara langsung pada masyarakat RT 04/13 salah satunya dengan membagikan Healthy Kits dan sosialisasi, program kerja KKN ini juga dilaksanakan secara online melalui unggahan-unggahan tentang Covid-19 dalam bentuk poster dan video animasi di media sosial.





 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline