Lihat ke Halaman Asli

Novita Rianti

Mahasiswi dan Pekerja Swasta

Kelas Online Mahasiswa Komunikasi

Diperbarui: 25 Juni 2021   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Sudah lebih dari 1 tahun, Indonesia dilanda pandemi akibat virus Covid-19. Hal ini memberikan dampak yang cukup besar di berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor pendidikan. Hampir seluruh sekolah dan kampus yang ada di Indonesia, menerapkan sistem daring (sistem pembelajaran dalam jaringan) yang merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Kebijakan pemerintah ini mulai efektif diberlakukan di beberapa wilayah provinsi di Indonesia pada hari Senin, 16 Maret 2020 yang juga diikuti oleh wilayah -- wilayah provinsi lainnya.

Aplikasi yang digunakan untuk mendukung sistem pembelajaran online (daring) seperti yang kita ketahui adalah menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Google Meet, dan masih banyak lagi aplikasi serupa. Akan tetapi, apakah hal tersebut efektif untuk keberlangsungan pembelajaran khususnya untuk mahasiswa? Apakah mahasiswa dapat memahami materi yang disampaikan dosen melalui online dengan baik atau tidak?

"Kalau pembelajaran melalui online atau daring ini menurut saya kurang efektif ya, apalagi untuk saya yang merupakan mahasiswa baru kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Ruang gerak mahasiswa dalam bertanya pun kurang luas, Mba. Untuk tugas praktek juga sebagai mahasiswa kurang maksimal", ujar Sapta Oktaviansyah mahasiswa Universitas Pamulang, saat ditemui di salah satu tempat makan di bilangan Jakarta Selatan.

"Saya yakin juga Mba banyak mahasiwa/I yang gak paham sama materi yang dikasih diberikan dosen", Tambah Sapta. Apalagi kalau dosen sedang menjelaskan materi, lalu dari mahasiswanya terdapat gangguan koneksi internet, tutup Sapta.

Dari sini dapat disimpulkan, bahwa sistem pembelajaran online atau daring ini masih banyak membutuhkan perkembangan yang serius. Apalagi disini dapat kita lihat, pandemi yang berlangsung cukup lama.

Semoga pandemi ini segera berakhir agar proses pembelajaran tatap muka segera dilaksanakan kembali.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline