Lihat ke Halaman Asli

Novita Fitri

Mahasiswa

Museum Mpu Tantular

Diperbarui: 11 Oktober 2023   09:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MPU TANTULAR merupakan museum sejarah yang menyimpan prasasti-prasasti dari zaman dahulu kala. Tidak hanya itu, kita bahkan bisa mendapatkan sumber sejarah. Museum ini terletak di Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Museum ini memiliki luas sekitar 3 hektar. Nah... kembali lagi kita bahas Sidaorjo, kota yang mempunyai banyak tempat wisata dan sejarah namun belum banyak yang mengetahuinya. Warga Sidoarjo sudah tidak asing lagi dengan museum ini. Namun banyak juga yang jarang mengunjunginya. Sebenarnya mengunjungi tempat wisata tidak hanya sebatas wisata alam di pantai atau taman bermain saja, namun berlibur ke tempat bersejarah juga tidak kalah seru dan tentunya menambah wawasan kita.

Museum ini mudah ditemukan. Awalnya museum ini terletak di depan Kebun Binatang Surabaya, kemudian pada tahun 2004 dipindahkan ke Sidoarjo. Alasan dipindahkan karena merupakan jalur utama Surabaya-Malang. Kita bisa menggunakan google map jika tidak ingin tersesat. Bagi warga Surabaya dan sekitarnya bisa ditandai dengan jalan layang Buduran sisi barat. Memilih menggunakan sepeda motor atau angkutan umum menjadi akses yang paling mudah saat ini. Jam operasionalnya adalah Selasa -- Kamis pukul 08.00-15.00 dan Jumat-Sabtu pukul 08.00 -- 13.30. Memasuki museum ini dikenakan tarif yang relatif murah. Cocok untuk pelajar. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp3.000,00 untuk anak-anak hingga Rp4.000,00 untuk Umum/Dewasa.

Pada tahun 1933, museum ini didirikan oleh Godfried Hariowald Von Faber, seorang warga Surabaya berkewarganegaraan Jerman. Setelah melalui banyak kendala, akhirnya museum ini resmi berdiri pada tanggal 25 Juli 1937. Museum ini tertata rapi mulai dari perpustakaan hingga pusat informasi. Di dalam museum terdapat beberapa koleksi antara lain batuan, peninggalan budaya, arkeologi, mata uang dan koin, serta seni rupa. Pengunjung merasa senang, karena penataan benda terlihat rapi dan enak dipandang.

Jika Anda ingin membawa anak-anak Anda tidak perlu khawatir, karena museum ini menyediakan beberapa fasilitas yang memadai. Terdapat tempat parkir yang luas, toilet umum, mushalla, pusat informasi, dan masih banyak lagi. Jika lapar setelah berjalan-jalan lama, Anda bisa membeli sesuatu di kantin dan terdapat gazebo untuk bersantai. Museum ini juga memiliki aula besar yang biasa digunakan warga untuk acara. Kawasan museum sejuk, asri, dan tenang. Tentu saja Anda tidak akan merasa bosan di sini karena tersedia taman bermain. Jika Anda ingin mengabadikan momen di sini, ada spot foto menarik yang bisa Anda manfaatkan.

Jadi, jika Anda warga Sidoarjo berbanggalah dengan Museum ini, karena belum tentu orang lain bisa berkunjung ke sini. Manfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya dan pastikan Anda tidak melupakan sejarah kuno. Sampai jumpa !!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline