Lihat ke Halaman Asli

Novita Dita Yuliani

Mahasiswi semester 3 prodi sosiologi

Desa Pancasila di Lamongan

Diperbarui: 30 Agustus 2023   14:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman. Perbedaan suku, budaya, adat istiadat, bahasa hingga Agama menjadikan negara Indonesia sebagai suatu negara yang berbeda dengan negara lain. Untuk mewujudkan nya harus diperlukan adanya rasa toleransi, saling menghormati dan menghargai. 

Di dalam kehidupan bermasyarakat pastinya tidak akan lepas dengan adanya sosial keagamaan. Apabila penduduk daerah setempat memeluk agama dengan damai maka akan tercipta suasana yang harmonis begitu juga sebaliknya, maka betapa pentingnya peran toleransi dalam sosial keagamaan masyarakat. Toleransi umat beragama ini bisa terwujud di Indonesia dan sebagai contoh tepatnya di desa Balun kecamatan Turi Kabupaten Lamongan.

Lamongan sendiri merupakan kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Di Lamongan sendiri ada Desa Balun yang mencerminkan toleransi umat beragama. Desa balun terletak di Kecamatan Turi. Desa Balun merupakan desa yang majemuk dalam hal budaya dan agama. Desa ini terdiri dari dua Pedukuhan atau dusun yang masyarakatnya menganut tiga agama yakni: agama Islam sebagai agama mayoritas dan dua agama lagi yakni agama Kristen dan Hindu. Kehidupan masyarakat Desa Balun nampak sangat rukun dan damai. Meski masyarakatnya berbeda keyakinan keagamaan, tetapi bisa hidup rukun tanpa pernah ada gesekan sekecil apapun.

Seperti halnya di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, kerukunan yang terjalin di Desa Balun ini sangatlah kuat. Di Desa Balun ini terdapat tiga agama yang berbeda yakni agama Islam, agama Hidu dan agama Kristen. 

Meskipun mereka mempunyai doktrin yang berbeda dalam hal agama tetapi mereka tidak mempermasalahkan perbedaan doktrin-doktrin tersebut, tetapi sebaliknya mereka saling mengisi kehidupan untuk Desa Balun. Masyarakat Desa Balun memiliki tradisi kebersamaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kerukunan yang terpantul dalam berbagai bentuk kegiatan seperti gotong royong baik dalam segi untuk membangun desa, ataupun hari raya keagamaan.

Kerukunan antar umat beragama merupakan salah satu modal utama dalam menciptakan kerukunan nasional maupun ketahanan nasional. Dengan terciptanya kerukunan nasional, maka cita-cita Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju dan sejahtera pun dapat terwujud. Oleh karena itu, kerukunan antar umat beragama harus dibangun dan dijaga. Kehidupan masyarakat Desa Balun Nampak sangat rukun dan damai. Selama ini penduduk yang tinggal di desa Balun tidak pernah menemui konflik-konflik atas nama agama. 

Bagi warga setempat, keberadaan masjid dan gereja berdampingan tidak menimbulkan masalah antar umat beragama. Di Desa Balun juga terdapat pura atau tempat ibadah umat Hindu. Tiga tempat ibadah di Balun, menunjukkan bahwa warga desa bukan pemeluk satu agama. Mereka juga menikahi pasangan yang berbeda agama. Tak sedikit dalam satu keluarga ada agama yang berbeda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline