Lihat ke Halaman Asli

Novita Dita Yuliani

Mahasiswi semester 3 prodi sosiologi

Keunikan Sedekah Bumi Masyarakat Lamongan

Diperbarui: 28 Agustus 2023   16:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar pribadi

Masyarakat di Lamongan masih melakukan tradisi sedekah bumi. Sedekah bumi ini sedikit berbeda dengan biasanya. Biasanya sedekah bumi berasal dari hasil pertanian warga sekitar yang di arak mengelilingi desa dan dibagikan kepada warga setempat. Tetapi sedekah bumi yang dilakukan warga Lamongan sangat unik. 

Masyarakat Lamongan khusunya Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan melakukan tradisi sedekah bumi dengan cara membawa masakan, buah-buahan, sayuran, kerupuk, jajanan pasar dll untuk di bawa ke pohon yang sudah dikeramatkan disana. 

Warga setempat menyebutnya "Pohon Asam" atau "Yai Jogoreso". Warga sekitar meyakini "Yai Jogoreso" adalah kiai yang melindungi penduduk desa dari ancaman mara bahaya, warga sekitar juga menganggap di dekat "Pohon Asam" terdapat makam yang diyakini makam "Yai Jogoreso". Meskipun demikian warga setempat tetap berterima kasih dan mengucap syukur kepada Sang Maha Kuasa yang telah memberikan rezeki berupa hasil bumi. Sedekah bumi yang dilakukan warga plosowahyu tidak hanya ada bapak atau ibu-ibu, melainkan di kalangan usia serentak memeriahkan acara sedekah bumi tersebut. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline