Lihat ke Halaman Asli

Novita Cantik

Bismillah Tuntas

Islam Politik dan Islam Demokrasi

Diperbarui: 18 Desember 2019   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Islam kontemporer itu adalah suatu gagasan atau ide pokok yang ada dan untuk dikaji yang saat ini telah terpengaruh oleh masa moderen sekarang berguna untuk memberikan solusi baik di zaman lampau ataupun sekarang.

1) Islam dan politik

Politik adalah tata negara yang yang berhubungan dengan pemerintahan dan pengelolaan madani. Istilah politik itu tidak ada di agama Islam akan tetapi esesiensinya ada yaitu memimpin dan di pimpin. Dalam persepektif Islam yaitu segala aktivitas dalam mengelola persoalan dalam publik atau masyarakat yang sesuai dengan syariatnya yaitu agama Islam.

2) Islam dan demokrasi 

Demokrasi sendiri itu adalah pemerintahan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Islam datang membawa prinsip-prinsip yang umum karena itu adalah tugas dari ummatnya sendiri dan untuk menerapkan tugas yang ada melalui sisi kehidupan dengan moderitas termasuk demokrasi. Islam tidak seharusnya ada pada ruang pertentangan disini hubungan Islam dan demokrasi tetapi yang paling penting itu antara Islam dalam pelaksanaan demokrasi yaitu mengacu pada ajaran permasalahan, keadilan, kejujuran, tanggung jawab adalah hubungan yang komplek.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline