Lihat ke Halaman Asli

Novita Cantik

Bismillah Tuntas

Pendekatan Teologis dan Filosofis

Diperbarui: 12 Desember 2019   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Resume 8

A) Pendekatan teologis 

Secara etimologi kata teologis itu berasal dari kata Yunani yang telah terdiri dari teos (tuhan) dan logos (ilmu pengetahuan) jadi teologis itu adalah ilmu yang mempelajari atau mengkaji tentang tuhan ketuhanan. Ada pula menurut pandangan Islam teologis itu adalah ilmu tentang ketuhanan atau tauhid yaitu kajian atau teori yang membahas tentang sifat-sifat Allah, keesaan Allah maka dari itu semua itu adalah suatu isitensi tuhan atau tuhan-tuhan yang terkontraksi dengan baik sehingga muncullah aliran-aliran  dan agama dan kepercayaan.

B) pendekatan filosofis

Manurut bahasa filosofis itu diambil dari kata Yunani philoshopia yaitu adalah kebaikan cinta dan cinta dalam kebijaksanaan

Pola pendekatan filosofis itu dibagi menjadi 2:

1) upaya ilmiah yang dilakukan secara sistematis untuk memahami dan mengetahui serta membahas secara lebih dalam hal-hal atau seluk-beluk yang berhubungan dengan agama yang mulia yaitu agama Islam baik dari sejarah-sejarah, ajaran-ajaran praktek-praktek pelaksanaannya secara nyata di kehidupan sehari-hari.

2) upaya ilmiah yang dilakukan secara sistematis yang membahas nilai-nilai serta ajaran-ajaran filosofis (hikmah) yang terkandung didalamnya dalam dokrin-dokrin ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur'an dan ahlusunnah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline