Lihat ke Halaman Asli

Novita Amaliah

Guru SD Negeri 07 Indralaya Selatan

Pengalaman Emas Mengikuti PPG Daljab

Diperbarui: 24 November 2023   22:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkenalkan Nama saya Novita Amaliah, S.Pd saya tenaga pendidik di SD Negeri 07 Indralaya Selatan Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir Sumsel saya sudah mengabdikan diri saya menjadi Guru di SD Negeri 07 Indralaya Selatan kurang lebih 11 tahun. 

cerita bermula ketika lulus UKG di tahun 2018 dan terpanggil untuk mengikuti PPG dalam Jabatan di tahun 2021 namun karena keterbatasan informasi dan kendala jaringan pada saat itu mengakibatkan saya terlambat melakukan registrasi melapor diri pada salah satu universitas yang telah ditentukan oleh Kemdikbud dan dengan perasaan sedih dan sedikit kecewa dengan diri sendiri namun saya berusaha ikhlas mungkin Allah s.w.t punya rencana baik dibalik ini semua, kembali saya menunggu namun tak selang dua tahun alhamdulilah Allah maha baik saya cek simpkb dan terpanggil lagi ke dua kalinya untuk mengikuti PPG dalam Jabatan disini saya sangat bersemangat dan menjadikan pengalaman yang luar biasa saya tidak mau lagi kejadian dua tahun lalu terulang kembali.

Pada PPG Daljab tahun 2023 ini saya ditempatkan di LPTK Universitas TanjungPura Pontianak Kalimantan barat, awal mula alhamdulillah berjalan lancar semua dari melengkapi persyaratan sampai kegiatan perkuliahan dan disinilah saya menemukan ilmu pengetahuan tentang pendidikan yang begitu luas tak seluas pengetahuan yang selama ini saya terapkan di sekolah saya dan pada peserta didik, semua terpampang nyata bagaimana cara kita menjadi seorang guru yang profesional mempersiapkan semua bahan penunjang pembelajaran dari yang sebelumya tidak mahir dalam membuat RPP, menyiapkan media, metode, benda konkrit, LKPD dan evaluasi beserta penskorannya serta pemanfaatan teknologi untuk pendidikan dan untuk diri sendiri disinilah saya dapat mempelajari semua itu dan alhamdulillah secara bertahap saya mulai mahir dalam melakukan semuanya dan akan saya terapkan nantinya di sekolah dan di kelas saya.

Namun tak hanya itu selama perkuliahan berlangsung saya dibimbing oleh ibu Dosen dan Guru Pamong yang begitu baik ramah teliti dan pengertian serta selalu menyemangati, teman- teman sesama mahasiswa-i sudah tidak canggung lagi bagaikan saudara saling suport ada kendala apapun saling membantu dan saling mengingatkan..

Tak terasa tiga bulan berjalan dan hampir selesai (september-desember), disini sedih rasanya nanti meninggalkan LMS simpkb yang super mendebarkan, meninggalkan grub whatshap yang penuh kenangan canda tawa dan gelisah menyambut tugas yang diberikan Dosen dan Guru Pamong berdasarkan LMS, sedih sekali mengenang semua kenangan emas ini semoga saya dan semua teman  mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan II tahun 2023 LPTK TanjungPura Khususnya LULUS semua dan menjadi Guru Profesional yang mampu berkembang mengikuti zaman. amiin.

Jika kamu ikhlas maka Allah mudahkan.. jika kamu mendapatakan kesempatan menjalani PPG maka kamu mendapatkan kesempatan emas, jalani nikmati syukuri. karena PPG ini adalah pembentuk karakter guru profesional yang mampu berkembang mengikuti zaman.

Terimakasih Kemdikbudristek, Terimakasih Universitas TanjungPura, Terimakasih Bapak dan Ibu Guru SD Negri 07 Indralaya Selatan dan Terimakasih Teman-teman seperjuangan (Kelas 011 kelompok C). semoga tali silahturahmi kita tetap terjalin walau kita tak lagi bersua maya di PPG Dalam Jabatan Unversitas TanjungPura.

Terima kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline