Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Hastag untuk Meningkatkan Pengunjung Event

Diperbarui: 17 November 2017   16:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penggunaan Hashtag bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan event dan juga selain itu untuk menarik calon pendaftar untuk mau berpartisipasi di event yang diadakan. Dalam menentukan dan menggunakan hashtag juga tidak bisa sembarangan, ada beberapa step proses yang perlu dijalankan. Selain itu perlu juga kreativitas dalam mendukung kegiatan promosi

Berikut tips memanfaatkan penggunaan hashtag untuk event

Sebelum Event

  1. Buat Teaser

Coba Anda perhatikan, trailer film biasanya sudah keluar beberapa bulan bahkan satu taun sebelum film tersebut resmi keluar di bioskop.

8commerce-twetter-preevent-5a0eade85169956a857c2072.png

Nah Anda juga bisa dengan menggunakan strategi tersebut dengan memberikan sedikit demi sedikit teaser dari event yang akan diadakan agar membuat orang penasaran. Itu yang bisa Anda lakukan sebelum event dimulai tapi jangan lupa untuk membuat perencanaan timeline agar nantinya tidak ada kesalahan. 
  1. Menentukan Hashtag

Hashtag yang dibuat tentu harus relevan, sehingga nantinya akan mudah dicari oleh audiens. Memiliki hashtag yang unik tentu akan membuat para audiens lebih tertarik dan pada akhirnya mau membicarakan event Anda dengan teman-temannya, tentu itu akan meningkatkan awareness dari event yang Anda adakan.

Note: Sebelum memutuskan hashtag yang dipakai, jangan lupa untuk memastikan bahwa hashtag yang dipilih belum pernah digunakan oleh brand lain.

  1. Sebarkan Hashtag Anda

Setelah Anda sudah menentukan hashtag yang mau dipakai, Anda diwajibkan untuk mengenalkan dan mengunakan di semua media marketing yang Anda punya, seperti:

  1. Bagi-bagi hadiah

Tentu cara termudah untuk menarik orang untuk meramaikan event adalah dengan mengadakan kompetisi di media sosial dengan iming-iming sebuah hadiah. Cara paling mudahnya misalnya "Menangkan 2 tiket gratis untuk datang ke event kami dengan memberikan alasan kenapa kamu mau datang dan menggunakan hashtag "8commercewin". Promosi seperti ini adalah yang paling mudah dan tentu akan menyebarluaskan pemakaian hashtag yang Anda sudah tentukan sebelumnya.

Saat event berlangsung

  • Tugaskan seseorang untuk mengelola media sosial

Saat event berlangsung, sangat penting untuk memantau apa yang terjadi di media sosial. Tugaskan media sosial  officer untuk posting apa saja yang terjadi di event itu dan jangan lupa untuk menambahkan hashtag di semua postingan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline