Lihat ke Halaman Asli

NOVI ISMAWATI

Noviismwty

Program Adiwiyata SMKN 1 Kendal

Diperbarui: 8 Februari 2021   01:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

 PROGRAM ADIWIYATA SMK N 1 KENDAL

 SMK N 1 Kendal terletak di  JL. SOEKARNO HATTA BARAT KM 03 KENDAL, Purwokerto, Kec. Patebon, Kab. Kendal Prov. Jawa Tengah.

SMK N 1 KENDAL merupakan salah satu sekolah favorit di

kabupaten Kendal. Di SMK N 1 KENDAL sendiri menerapkan program sekolah adiwiyata

Nah..apa itu program adiwiyata ? 

Program adiwiyata tersebut merupakan program sekolah yang menjaga dan peduli akan kebersihan lingkungan, dengan tujuan untuk membangun sikap peduli lingkungan, dan kepedulian terhadap lingkungan. 

Program tersebut dilaksanakan dengan setiap paginya sebelum pelajaran siswa siswi SMK N 1 Kendal di wajibkan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilarang semua siswa dan gurunya dilarang berada didalam kelas,dan setelah itu boleh memasuki kelas dan memulai pelajaran. Dan semua siswa diwajibkan membawa tepak makan dan botol minum dari rumah guna mengurangi penggunaan kantong plastik.

Setiap paginya dilakukan satgas yang dilakukan oleh anggota OSIS PMR, PASKIBRA, dan ROHIS yang diharuskan para siswa membawa tepak makan dan botol minum yang harus ada di tas mereka masing-masing, tidak hanya tepak dan botol. Tidak hanya itu petugas satgas juga melakukan pengecekan seperti Pengecekan dasi, sabuk,kaos kaki harus sepanjang 15cm dari mata kaki. Jika mereka yang tidak membawa atau tidak mematuhi aturan maka satgas akan menyita barang siswa tersebut yaitu Hp. Jika siswa tersebut tidak membawa Hp maka sepatu sebagai jaminan, atau barang kunci motor, maupun flashdisk dan setelah pulang sekolah mereka yang terkena satgas diharuskan melakukan bersih- bersih dulu sebelum pulang. Dan program lainya pengumpulan HP setiap akan bel sekolah dimulai dan dikembalikan setelah pulang sekolah terkecuali ketika ada ada pelajaran tertentu yang diharuskan menggunakan HP. 

Hal tersebut dilakukan setiap harinya oleh siswa siswi SMK N 1 Kendal, wajib dipatuhi dan berjalan secara rutin dan sudah menjadi program wajib Adiwiyata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline