Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Aplikasi Canva bagi Para Pendidik sebagai Media Pendukung KBM di SD Negeri Ciwaruga 1

Diperbarui: 9 Agustus 2022   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Bandung (04-08-2022) -- Mulai pada tanggal 11 Juli 2022 Universitas Pendidikan Indonesia menerjunkan lebih dari 7.000 mahasiswanya dan tersebar di berbagai daerah dalam kegiatan Kuliha Kerja Nyata. Salah satunya adalah kelompok 73 yang ditugaskan di daerah Parongpong Kabupaten Bandung Barat. 

Dari kelompok besar 73 tersebut dibagi kembali menjadi kelompok kecil yang masing-masing kelompok kecil itu terdiri dari 5 orang anggota. Dari beberapa kelompok kecil tersebut kami memilih untuk mengambdi di Desa Ciwaruga tepatnya di SD Negeri 1 Ciwaruga.

Langkah pertama yang dilakukan dalam kegiatan KKN ini adalah dengan melakukan survei sekolah yag akan dijadikan sebagai tempat untuk mengabdi. Maka pada tanggal 14 Juli 2022 kelompok kami melakukan survei dan kami sangat bersyukur karena kelompok kami diterima dengan baik oleh pihak sekolah. 

Setelah itu kami berdiskusi bersama pihak sekolah lalu berdiskusi kembali dengan kelompok untuk merencanakan program-program yang akan dilakukan satu bulan ke depan. Dari hasil diskusi tersebut maka salah satu program yang kelompok kami pilih adalah kegiatan IHT (In House Training).

IHT (In House Training) adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk pelatihan. Pelatihan di sini kami sasarkan bagi para pendidik dan tenaga pendidik. Dalam kegiatan IHT (In House Training) kelompok kami menyampaikan materi terkait aplikasi Canva. 

Mengapa aplikasi Canva yang kami pilih sebagai objek yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini, karena Canva adalah salah satu aplikasi yang dinilai sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Canva memudahkan para pendidik dan tenaga pendidik dalam membuat suatu media ajar atau pun media-media lain yang dibutuhkan untuk suatu kegiatan, misalnya seperti pembuatan vidio, poster, banner, dll.

Kegiatan IHT (In House Training) dilaksanakan di salah satu ruang kelas SD Negeri Ciwaruga 1 pada hari Kamis tanggal 4 Agustus 2022. Kegiatan In House Training ini mengambil judul "Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Terkait Literasi Digital Melalui Aplikasi Canva sebagai Optimalisasi KKG Sekolah". 

Kelompok 73 KKN UPI Desa Ciwaruga mengundang seluruh pendidik dan tenaga pendidik SD Negeri Ciwaruga 1 untuk menghadiri kegiatan IHT tersebut. seluruh tamu undangan dianjurkan untuk membawa laptop masing-masing, karena selain ada pematerian berupa pengenalan dan penyampaian cara bagaimana mengopreasikan Canva, kami juga mengadakan praktik secara langsung dengan mengintruksikan para pendidik dan tenaga pendidik untuk membuat poster dengan aplikasi Canva tersebut.

Kegiatan IHT (In House Training) dimulai pada pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga pendidik SD Negeri Ciwaruga 1. Antusias dan semangat para tamu undangan terlihat dari ketidakterlambantannya menghadiri kegiatan. 

Selain itu para pendidik dan tenaga pendidik juga memenuhi anjuran kami selaku panitia untuk membawa laptop masing-masing saat kegiatan IHT. Narasumber dalam kegiatan IHT ini adalah anggota kelompok kami sendiri, yakni Rico Valentino mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang berasal dari jurusan Ilmu Komputer. Rico berhasil menyampaikan materi mengenai Canva dengan detail dan jelas kepada seluruh pendidik dan tenaga pendidik.

Setelah satu jam pematerian, lalu narasumber melakukan demo dan mengintruksikan seluruh pendidik dan tenaga pendidik membuat poster masing-masing. Dalam kegiatan pembuatan poster masih banyak pendidik dan tenaga pendidik yang merasa kesulitan sehingga kami selaku pantian membantu mendatangi satu per satu untuk membantu menyelesaikan kendala yang dihadapi para peserta IHT. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline