Lihat ke Halaman Asli

Novia Respati

Wirausaha

Mengapa Masih Tertarik Pada Orang Lain Meski Sudah Punya Pasangan?

Diperbarui: 6 Juni 2024   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar : idntimes.com

Perasaan tertarik pada orang lain masih dapat dirasakan meski dalam kondisi sudah memiliki pasangan. Hal tersebut merupakan fenomena yang umum terjadi, bukan hanya dialami oleh seorang lelaki namun juga dapat dialami oleh seorang wanita.

Kondisi ini tentu dapat menimbulkan berbagai konflik batin dan bahkan dapat berujung pada keretakan hubungan dengan pasangan. Namun, tak ada salahnya kita mengetahui bahwa hal tersebut ternyata dapat didasari oleh faktor yang bersumber dari dalam diri sendiri.

Dan yang menjadi alasan seseorang yang sudah memiliki pasangan, tetapi masih juga tertarik pada orang lain di antaranya :

1. Kurang penghargaan dan pengakuan
Meski sudah memiliki pasangan, mereka mungkin merasa tidak cukup dihargai dan diakui dalam hubungannya dengan pasangan. Sehingga di saat ada orang lain yang dapat memberinya perhatian lebih, hal ini tentu memicu rasa ketertarikan.

2. Bosan hingga jenuh
Rutinitas dalam hubungan jangka panjang dapat membuat seseorang merasa bosan. Perasaan ini sering membuat seseorang mencari hal baru yang dapat ditemukan dari orang lain. Namun bukan berarti mereka tidak mencintai pasangannya, tapi lebih kepada dorongan alami untuk mencari sesuatu yang berbeda.

3. Perubahan dalam diri sendiri
Terkadang ketertarikan pada orang lain muncul disebabkan oleh krisis identitas atau fase introspeksi diri. Seseorang dapat berada dalam tahap pencarian jati diri kembali, sehingga dirinya menemukan sesuatu yang ternyata belum terpenuhi selama menjalani hubungan dengan pasangannya.

4. Masalah dalam hubungan
Ketika ada masalah yang belum terselesaikan dalam hubungan, seperti komunikasi yang buruk atau kurangnya kedekatan emosional, seseorang bisa mencari hiburan di tempat lain. Kehadiran orang lain yang lebih memahami atau memberikan dukungan emosional dapat menjadi hal yang menarik.

Lalu bagaimana untuk mengatasi problematika ini? Jika Anda sudah mulai tertarik pada orang lain dan menyadari bahwa sebenarnya tindakan Anda salah, dan mungkin lebih jauh dapat berakibat mengkhianati pasangan Anda, maka yang dapat Anda lakukan di antaranya :

1. Komunikasi terbuka
Bicarakan apa yang dirasa dan diskusikan masalah yang ada dalam hubungan. Dengan begitu, pasangan bisa bekerja sama untuk menemukan solusi dan memperbaiki hubungan.

2. Evaluasi diri sendiri
Untuk memahami sumber dari ketertarikan tersebut, ada baiknya evaluasi diri sendiri. Apa saja faktor yang memengaruhi kondisi ini. Dengan memahami sumbernya, maka dapat lebih mudah mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline