Lihat ke Halaman Asli

Noviani Dwi Astuti

Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Bimbingan dan Konseling/Universitas Ahmad Dahlan

Mendapatkan Pengalaman Luar Biasa, Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 BK UAD Telah Menyelesaikan PPL di SMK Negeri 5 Yogyakarta

Diperbarui: 27 Oktober 2023   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jum'at, 31 Maret 2023 merupakan hari berakhirnya mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pajabatan Gelombang 2 Universitas Ahmad Dahlan melaksanakan  Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 1 di SMK Negeri 5 Yogyakarta. PPL PPG Prajabatan  Gelombang 2 dilaksanakan selama kurang lebih 40 hari dengan berbagai aktivias di dalamnya.  PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa PPG Prajabatan  Gelombang 2 khususnya pogram studi Bimbingan dan Konseling. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menjalankan tugas dan  tanggungjawab sebagai calon seorang guru. 

PPL dilaksanakan untuk mempersiapkan mahasiswa  untuk menjadi guru yang berkualitas dan profesional. Di SMK Negeri 5 Yogyakarta terdapat 6  (enam) mahasiswa Bimbingan dan Konseling PPG Prajabata Gelombang 2. Mahasiswa berasal  dari berbagai daerah dengan latar belakang Sarjana Bimbingan dan Konseling dari berbagai  Universitas yang berbeda-beda. PPL PPG Prajabatan Gelombang 2 di SMK Negeri 5 Yogyakarta  dilaksanakan pada hari Selasa, Kamis, dan Jum'at, hal ini dikarenakan setiap hari Senin dan Rabu  mahasiswa melaksanakan perkuliahan teori tatap muka di Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan. 

Penerjunan mahasiswa PPL PPG Prajabatan Gelombang 2 program studi Bimbingan dan  Konseling dilaksakan pada hari Kamis, 19 Januari 2023. Penerjunan diserahkan oleh Bapak Dr.  Dody Hartanto, M.Pd. selaku Dosen Pembimbinga Lapangan (DPL) dari Universitas Ahamad  Dahlan dan diterima dengan sangat baik oleh Bapak Yusuf Supriyanto, S.Pd. selaku kepala SMK  Negeri 5 Yogyakarta. Kedatangan mahasiswa juga disambut baik oleh Koordinator Bimbingan  dan Konseling di SMK Negeri 5 Yogyakarta yaitu Ibu Eva Dwi Armiastuti dan Bapak/Ibu Guru  Staff Karyawan SMK Negeri 5 Yogyakarta. Penyerahan mahasiswa PPL dilaksanakan di Ruang  Pertemuan 2, SMK Negeri 5 Yogyakarta.

Pelaksanaan PPL PPG Prajabatan Gelombang 2 dilaksanakan mulai dari observasi peserta  didik dan lingkungan belajar, observasi terhadap asesmen kebutuhan dalam penyusunan program  Bimbingan dan Konseling, obsevasi layanan Bimbingan dan Konseling, asistensi guru Bimbingan  dan Konseling dalam memberikan layanan BK, dan pelaksanaan praktik layanan Bimbingan dan  Konseling oleh mahasiswa PPG Prajabata Gelombang 2. SMK Negeri 5 Yoyakarta merupakan  satu-satunya sekolah di Kota Yogyakarta dengan menawarkan jurusan seni. 

Adapun jurusan yang  ada di SMK Negeri 5 Yogyakarta yaitu Animasi, Desain Komunikasi Visual (DKV), Kriya  Keramik, Kriya Kayu, Kriya Logam, dan Kriya Tekstil. Tak kalah favorite dengan Sekolah  Kejuruan yang lain, sekolah ini terdapat lebih dari 1.300 peserta didik dengan berbagai latar  belakang budaya, ekonomi, dan status sosial yang berbeda-beda. 

Guru Bimbingan dan Konseling  yang ada di SMK Negeri 5 Yogyakarta merupakan guru yang sudah profesional dan  berpengalaman, sehingga mahasiswa mersa memiliki pengalaman yang luar biasa dengan  dibimbing dan diarahkan menjadi yang lebih baik untuk bekal nanti ketika menjadi guru  Bimbingan dan Konseling di Sekolah. 

Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 5 Yogyakarta  sudah berjalan dengan baik, tidak hanya mengurusi peserta didik yang bermasalah saja, namun  juga memperhatikan perkembangan peserta didik agar dapat mencapai perkembangan yang  optimal dengan potensi yang dimilikinya. Bimbingan dan Konseling bekerjasama dengan Bursa  Kerja Khusus (BKK) yang nantinya dapat membantu peserta didik menemukan pekerjaan setelah  tamat sekolah. BKK juga sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan yang linier dengan  jurusan yang ada di SMK Negeri 5 Yogyakarta sehingga lulusan SMK Negeri 5 Yogyakarta tak binggung lagi mencari pekerjaan. 

Selain melaksanakan praktik memberikan layanan klasikal di kelas, mahasiswa PPG  Prajabatan Gelombang 2 juga melaksanakan layanan dukungan sistem untuk peserta didik yang berkerjasama dengan pihak Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dengan tema Edukasi  Keselamatan Lalu Lintas di Sekolah dan bekerjasama dengan Lembaga Rifka Anisa Yogyakarta  dengan tema Kekerasan Seksual; Kenali, Cegah dan Laporkan!. Pelaksanaan kegiatan tersebut  diapresiasi oleh pihak sekolah seperti Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, dan Bapak Ibu Guru  SMK Negeri 5 Yogyakarta. Diharapkan edukasi tersebut dapat bermanfaat untuk peserta didik dan  berdampak positif bagi lingkungan sekolah.  

Menariknya pada proses penyerahan mahasiswa dari Kepala Sekolah ke pihak Kampus,  Bapak Yusuf mengatakan bahwa SMK Negeri 5 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang  menjadi pionir dalam mengatasi anak-anak yang "berkelebihan energi". 

Sekolah bekerja sama  dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja  (BPRSR) dibawah naungan Dinas Sosial DIY. Hal ini menjad alternatif positif untuk membentuk  karakteristik dan attitude peserta didik yang lebih baik di era saat ini. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa  hal ini berdampak positif bagi peserta didik setelah melaksanakan kegiatan di BPRSR selama 3  minggu. Bapak Yusuf berharap bahwa guru Bimbingan dan Konseling dapat mengembangkan  instrumen atau tes (pre-test dan post-test) untuk melihat keefektifan kegiatan tersebut bagi Sekolah  dan peserta didik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline