Lihat ke Halaman Asli

Novia IstiqomahRamadhani

Mahasiswa SV IPB

Belanja Online Pilihan Tepat saat Pandemi Covid-19

Diperbarui: 12 Juli 2021   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Munculnya Covid-19 di Indonesia

Covid-19 yang mulai masuk di Indonesia pada 2 maret 2020, kini semakin parah. Dengan jumlah varian virus corona yang begitu beragam , menyebabkan penderita dan kasus kematian yang terus meningkat dari hari ke hari. Sejumlah protokol Kesehatan diberlakukan untuk menekan angka penyebaran virus ini, seperti mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, memakai masker saat harus keluar rumah, menjaga jarak, menghidari kerumunan , membatasi mobilisasi dan interaksi, serta bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Pemerintah juga menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah daerah dimulai pada 3 Juli 2021, yang akan berlangsung hingga 20 Juli 2021. 

Pengaruh Covid-19 terhadap Gaya Hidup Masyarakat

Penerapan protokol tersebut pada akhirnya mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Yang tadinya bisa keluar rumah dengan leluasa untuk membeli barang kebutuhan hidup sehari-hari di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan. Sekarang harus dibatasi ,karena masyarakat diimbau untuk tetap dirumah, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Akhirnya , mulai beralih ke digital dengan memanfaatkan platform e-commerce untuk belanja online. Apalagi, dalam berbelanja online memiliki banyak pilihan kategori yang   lengkap.  Yang disediakan pun tidak hanya produk atau barang, tetapi bisa berupa jasa pesan-antar makanan, barang dan pelayanan membersihkan rumah.

Manfaat Belanja Online saat Covid-19

Belanja online jelas memiliki segudang manfaat, apalagi dilakukan saat pandemi virus corona seperti situasi sekarang. Telah kita ketahui bahwa virus corona dapat menular melalui kontak langsung dengan orang lain. Dengan berbelanja online, kita hanya cukup menggunakan ponsel melalui daring hingga menemukan barang yang kita butuhkan. 

Lalu dengan mudah petugas kurir akan mengantarkan barang yang di beli ke rumah kita. Apalagi, saat berbelanja online dapat menemukan barang yang diinginkan lebih cepat. Karena, terdapat fitur untuk mencari barang yang kita butuhkan pada aplikasi belanja online. Dengan menemukan barang yang diinginkan lebih cepat, maka waktu kita juga dapat digunakan untuk memulai aktivitas yang lain, seperti belajar mencoba hal baru atau dapat mengembangkan bakat yang telah kita miliki  adalah hal yang dapat dilakukan untuk mengisi kegiatan selama karantina di rumah. 

Meningkatnya Pertumbuhan Belanja Online saat Covid-19

Kegiatan transaksi belanja online meningkat pesat saat pandemi Covid-19. Di lansir dari liputan6.com , bahwa Asisten Deputi Kementerian Koperasi dan UKM, Sutarmo berkata , “Pertumbuhan e-commerce di Indonesia terus meningkat tiap tahunnya, terlebih sejak pandemi Covid-19 dilaporkan transaksi naik 26 persen atau setara dengan 3,1 juta,” dalam virtual press conference Youtube HypefastHBBL2021, pada Kamis (15/4/2021). hal ini sejalan dengan berubahnya pola perilaku masyarakat yang kini gemar berbelanja secara online dalam memenuhi kebutuhannya. Belanja online yang terus meningkat juga disebabkan banyaknya kemudahan dalam berbelanja yang dinilai lebih efesien dan praktis. Serta beragam diskon dan promo yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce sehingga membuat masyarakat sangat tertarik dan akan terus meningkat di masa yang akan datang. 

Cara Menghadapi Kemajuan Teknologi saat Covid-19

Teknologi yang semakin canggih, mengharuskan kita hidup secara dinamis dan belajar hal baru untuk mengikuti perkembangan zaman, masih banyak masyarakat yang belum memahami dengan baik mengenai cara berbelanja online dengan benar dan aman. Karena, berbelanja online juga harus berhati-hati dalam memilih tokonya, bisa dilihat dari review pembeli sebelumnya supaya lebih terpercaya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline